PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CLASS CONCERN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Fitriana Rahmawati, Risnawati Risnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi class concern terhaap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, serta analisi data menggunakan rumus statistik. Populai dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan, sedangkan sampel diambil 2 kelas  VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik pengundian. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus statistik thitung diperoleh t  = 8,67. Dari tabel distribusi t pada taraf signifikan 5 % diketahui ttabel= t((1-1/2 α))= 2,00 artinya  thitung > ttabel yaitu 8,67 > 2,00, sehingga bahwa strategi class concern  berpengaruh terhadap kemampuan pememcahan masalah matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan.

 


Keywords


Class Concern, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1), 1–10.

Hanafiah, N. & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mufarida, A. (2008). Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Terbuka Pada Materi Jajargenjang Di Kelas VII-C SMP Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Universitas Negeri Surabaya.

Nurman, T. . (2008). Profil kemampuan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Perbedaan Tingkat Kemampuan Matematika. Universitas Negeri Surabaya.

Polya, G. (1985). How to Solve it 2nd Edition. New Jersey: Princenton University Press.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silberman, M. (2009). Active Learning “101” Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Sudjana, N. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.

Sutikno, M., S. (2004). Menuju Pendidikan Bermutu. Mataram: NTB Press.

Syafaruddin & Nasution, I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.425

Article metrics

Abstract views : 100 | views : 31


Copyright (c) 2019 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats