PRINSIP BENTUK GEOMETRI UNTUK KEMUDAHAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PENYANDANG DISABILITAS

Authors

  • Indah Rahayu Panglipur IKIP PGRI Jember
  • Eric Dwi Putra IKIP PGRI Jember

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.429

Keywords:

geometri, pembelajaran matematika, penyandang disabilitas

Abstract

Pendidikan para penyandang cacat juga harus mendapatkan perhatian yang sama dengan yang lainnya. Demikian juga dari segi kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan pendidikan. Baik terkait dengan kemudahan dalam hal kenyamanan dalam belajar di sekolah. Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir telah memberikan perhatian besar kepada para  penyandang cacat. Ada begitu banyak program yang berkaitan dengan peningkatan layanan publik untuk penyandang disabilitas. Terkait dengan bagaimana mengembangkan pembelajaran yang baik dan dukungan untuk penerapan kualitas belajar. Di beberapa sekolah inklusi di Jember, mereka sudah memiliki beberapa media yang mendukung proses pembelajaran. Terutama untuk mata pelajaran matematika yang mata pelajarannya masih cukup sulit. Lalu itu diperlukan untuk menyediakan media yang memfasilitasi proses pembelajaran dan memfasilitasi pemahaman. Itu Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan prinsip geometri yang dapat dengan mudah dan aman digunakan untuk pembelajaran matematika para penyandang cacat. Dalam penelitian ini subjek yang diamati dibatasi untuk orang dengan gangguan penglihatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dari hasil pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan diperoleh, dapat disimpulkan bahwa prinsip-prinsip geometri yang dapat dengan mudah dan aman digunakan belajar bagi para penyandang cacat adalah sudut tumpul, permukaan kasar, dan dibuat lebih menonjol.

 

References

/Prt/M/2017, P. M. P. U. D. P. R. N. (2017). Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung. jember: Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya.

, P. D. K. J. N. 7 T. (n.d.). Tentang Perlindungan Dan Hakhak Peyandang Disabilitas.

Husnain. (2016). Membangun Konsep Segitiga Melalui Penerapan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan, 21(1), 12–50.

Moleong,L, J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Panglipur, I. R. (2015). Penerapan Metode Visual Finger Dalam Belajar Bangun Ruang Pada Anak Berkebutuhan Khusus ( Autis ). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 389–392.

Saputri, I. A. (2016). Upaya Peningktan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B Di RA Muslimat NU Plosogede. yogyakarta.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles