ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DAN GURU SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Lala Intan Komalasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesalahan serta kesulitan yang dilakukan siswa SMK 9 BIMA dalam menyelesaikan lima soal matematika yang di berikan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMK 9 BIMA, subjek terdiri dua orang guru matematika, satu guru matematika kelas X dan satu guru matematika kelas XI dan 10 orang siswa yang terdiri dari lima orang siswa kelas X dan lima orang siswa kelas XI,  sedangkan fokus penelitian adalah pada penyelesaiain soal matematika yang di berikan, soal sebanyak lima nomor untuk guru dan lima nomor untuk siswa, data di analisis dengan berdasarkan hasil kerja siswa dan guru di SMK 9 BIMA Tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan, bahwa satu guru masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan dan empat orang siswa melakukan kesalahan yang dalam menyelesaikan lima soal yang diberikan, dua orang siswa yang tidak mengerjakan sama sekali beberapa nomor soa

Keywords


kemampuan menyelesaikan masalah, Pendidikan Matematika

Full Text:

PDF

References


Agustina, D.Musdi, E. & Fauzan, A. (2014). “Penerapan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 No. 2. Hal 2024.

Anderson, J. (2009). Mathematics Curriculum Development and the Role of Problem Solving. ACSA Conference. http://www.acsa.edu.au/pages/imag es/judy% 20anderson%20 %20mathematics%20curricul um%20develop me nt.pdf (Diakses 8 Februari 2019).

Chin S. M & Fatimah. S (2015). Pengaplikasian model penyelesaian masalah polya dalam topik pengaturcaraan komputer. Proceeding: 7th International Seminar on Regional Education, November 5-7, 2015. Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia

Depdiknas. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan , Standar Kompetensi Matematika SMP Dan Mts. Jakarta. Depdiknas

Fauzan. A (2011). Modul 1 Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pemecahan Masalah Matematika. Evaluasi matematika.net: Unversitas Negeri Padang. (diakses 7 februari 2019)

Greiff. S., Daniel. V.H & Joachim. V (2013) perspective on problem solving in educational assessment: Analytical.

Hanifah, Erni Hikmatul. (2009). Identifikasi Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman (Studi Kasus SMP Bina Bangsa). Surabaya: IAIN

Husna & Fona. F.B. (2018) Penggunaan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Peluang, Vol. VI, No. 2, Oktober 2018 ISSN: 2302 –5158

Ilmiyah, S. & Masriyah. (2013). Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar. Tersedia di http://dokumen.tips/documents/profi l-pemecahan-masalah-matematikasiswa-smp-pada-materi-pecahanditinjau.html

Jackson, J. J. (2011). The Effects of Educational Experiences on Personality Trait Development. Dissertation. Urbana, United State: Univerity of Illinois.

Karim A (2013) Analisis kesalahan siswa kelas vii dalam menyelesaikan soal cerita yang melibatkan materi operasi hitung aljabar di MtS nahdlatul ulama’kertosono sidayu gresik. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhkal, Mappaita, (1998). Pengaruh Konsep Diri Matematika dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta didik SMU Kotamadya Ujung Pandang, (Laporan Penelitian), Dirjen Dikti.

Ninik, Hobri & Suharto (2014) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya Dari Siswasmk Ibu Pakusari Jurusan Multimedia Padapokok Bahasan Program Linier. Jurnal Kadikma, Vol. 5, No. 3, hal 61-68, Desember 2014

Novalita, D. Syrifudin, H. & Nilawasti (2014). “Penggunaan Model Pembelajaran Kontesktual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MtsN Lubuk Gadang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 No. 2. Hal 1219.

Nugroho W. Y. (2016). Teacher Awareness of Students’ Anxiety in Math Classroom: Teachers’ Treatment vs Students’ Anxiety. Journal of Education and Learning. Vol.10 (3) pp. 235-243.

Panjaitan, B. (2015). Karakteristik Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 19-28.

Pertiwi, A. D., Masrukan & Susilo. (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pembelajaran Model 4K Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Kreano, 5(2), 195-204

Ricardo, R., Mardyana, & Retno, D. (2014). “Tingkat Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Volume 2 No. 2. Hal 141151.

Rofiqoh. Z. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sahriah, Muksar & Lestari (2010). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi operasi pecahan bentuk aljabar kelas viii smp negeri 2 malanghttp://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikel9EEC8FEB3F87AC825C3750 98E45CB 89.pdf. (diakses 8 februari 2019)

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Kontansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan tinggi departemen nasional.

Suryanto. (2013) Kesalah pemahaman konsep matematika dan pengaruhnya terhadap kegagalan belajarhttp://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/edukasi/984-artikel-matematika (diakses 8 februari 2019)

Windari, F., Dwina, F. & Suherman. 2014. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 No. 2. Hal 25-28.

Yusmarni. (2013) Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan statistika matematika.skripsi

Zanberg, L., John L. Q., Marc N., & Kees V. O. (2016). Personality-dependent Differences in Problem-solving Performance in a Social Context Reflect Foraging Strategies. Behavioural Processes J, 134(1), 95-102.

Zevenbergen, R., Dole, S., & Wright, R.J. (2004). Teaching Mathematics in Primary Schools. Sidney: Allen and Unwi




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.431

Article metrics

Abstract views : 92 | views : 24


Copyright (c) 2019 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats