KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK EKSTROVERT DAN INTROVERT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

Authors

  • Roudatul Hanana Universitas Islam Malang
  • RR Ettie Rukmigarsari Universitas Islam Malang
  • Abdul Halim Fathani Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang http://orcid.org/0000-0001-5047-3269

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.488

Keywords:

generatif, pemecahan masalah, ekstrovert, introvert.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik ekstrovert yang diberi dan yang tidak diberi model pembelajaran generatif; (2) Apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik introvert yang diberi dan yang tidak diberi model pembelajaran generatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian true eksperimen dengan jenis pretest-possttest control group design, dalam desain ini terdapat dua kelas yakni kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran generatif dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan model pembelajaran generatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IAI 1 dan XI IAI 2. Teknik analisis data pada penelitian ini diantaranya adalah: (1) Uji Normalitas; (2) Uji  perbandingan data pretest; (3) Uji  perbandingan data posttest. Berdasarkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan Software SPSS 23 diperoleh kesimpulan (1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik ekstrovert yang diberi () dan yang tidak diberi () model pembelajaran generatif; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik introvert yang diberi () dan yang tidak diberi () model pembelajaran generatif.

Author Biography

Roudatul Hanana, Universitas Islam Malang

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang

References

Amelia, M. . (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. UIN Jakarta.

Asterina, D. A. (2012). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Perilaku Asertif Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Azizah, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Besuk Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Islam Malang.

Feist, J., & Feist, G, J. (2009). Theories of Personality, 7th ed. Jakarta: Salemba Humanika.

Hendriana, H., Rohaeti, E, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles