ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI

Authors

  • Laras Sekar Ayu Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia
  • Luvy Sylviana Zanthy Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.511

Keywords:

Analisis Kesalahan, Matematika, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan deskripsi analisis kesalahan soal trigonometri yang dianggap sulit oleh siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XI IOP B di Kota Cimahi yang sudah mengampu mata pelajaran Trigonometri, dari 33 siswa diambil 3 jawaban siswa sebagai sampel yang dapat dianalisis hasil jawabannya.  Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri atas 5 butir soal. Berdasarkan tes uji soal terhadap siswa kesalahan yang dibuat oleh siswa ketika menjawab soal adalah kesalahan dalam menentukan perbandingan trigonometri, kesalahan dalam menentukan langkah penyelesaian, kesalahan dalam menentukan panjang sisi-sisi segitiga dan tidak membuat kesimpulan jawaban.

ABSTRACT

This research aims to obtain the description of error analysis in solving trigonometric problem that is considered difficult by students. The method in this research was descriptive qualitative which aimed to find out and described the causes of student errors in solving trigonometric problems. The subjects of this research were students of Class XI IOP B Vocational School in Cimahi who had mastered Trigonometry, from 33 students taken 3 student answers as samples that could be analyzed the results of the answers. The instruments that used in this research were test instrument consisting of 5 questions. Based on the test of students' questions the mistakes made by students when answering questions are errors in determining trigonometric comparisons, errors in determining the completion step, errors in determining the length of the sides of the triangle and not making conclusions on the answers.

References

Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1). 34-39.

Anita, I. W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(2). 246-251

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 194-222.

Hayati, R. (2019). Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 44–64.

Huljanah, M., Sugita, G., & Anggraini. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 164-176.

Khotimah, K., Yuwono, I., & Rahardjo, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri pada Siswa Kelas X . Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 1(11), 2158-2162.

Machfud, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Respons, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 6(2), 105–120.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Tipe Higher Order Thinking Skill Ditinjau dari Gender. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 12(1). 1-16.

Ruseffendi, E.T. (1993). Statistik Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Depdikbud.

Suswigi & Zhanty, L. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Cimahi pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 3(1), 40-46.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri. Jurnal Sosiohumaniora, 1(1). 51-63.

Widodo, S. A. (2013). Implementasi Team Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X Se-Kota Yogyakarta pada Materi Trigonometri. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 53-64.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa di STKIP SILIWANGI Bandung, Jurnal Teori dan Riset matematika (TEOREMA), 1(1). 47-54.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check