BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PERMASALAHAN MATEMATIKA DENGAN LITERASI MATEMATIS

Authors

  • Restu Ria Wantika Universitas PGRI Adi Buana
  • Reni Tri Anggraini Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.563

Keywords:

Berpikir Kritis, Permasalahan Matematika

Abstract

Proses berpikir kritis siswa tentunya berbeda tergantung pada  kemampuan matematika masing-masing siswa. Kemampuan matematika dikenal sebagai kemampuan literasi matematika. kemampuan ini memengaruhi proses penyelesaian masalah matematika. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melakukan pendeskripsikan proses  pemikiran kritis siswa pada permasalahan matematika dalam hal literasi matematika. Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara berbasis tes. Subjek yang digunakan terdiri dari tiga siswa menengah pertama kelas VIII SMP Negeri 3 Waru, 1 siswa laki-laki tingkat 1 kemampuan apa yang ditulis, 1 perempuan tingkat 2 kemampuan melihat apa yang tertulis, dan 1 perempuan 3 kemampuan melihat apa yang tertulis. Alat penilaian yang digunakan terdiri dari tes kemampuan literasi matematika dalam bentuk PISA, item tes untuk penyelesaian permasalahan matematika dalam persamaan garis lurus, serta pedoman wawancara terstruktur. Penganalisisan data menggunakan  indikator pemikiran kritis FRISCO dengan empat urutan penyelesaian permasalahan Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses berpikir kritis siswa dengan kemampuan literasi setiap level dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi persamaan garis lurus meliputi: level-1 dan level-2 belum mampu berpikir kritis. Pada level-3 ini siswa mampu berpikir kritis.

References

Cahyono, B. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah ditinjau Perbedaan Gender. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 50–64.

Holis, M. N., & Sahidin, L. (2016). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP di Kabupaten Konawe. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 4(2), 141–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v4i2.3070

Maulana, M. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Kreatif. Sumedang: UPI Press.

Nisa, R. (2016). Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Kemampuan Matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 66–76.

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Proses Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33–42.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulya, H. (2016). Proses Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjinjang, 2(1), 90–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles