PENGARUH IKLIM KELAS DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Irmawaty Natsir Universitas Musamus Merauke, Indonesia
  • Anis Munfarikhatin Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.568

Keywords:

iklim kelas, kecerdasan interpersonal, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kelas, kecerdasan interpersonal dan hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar sebanyak 2818 siswa dengan jumlah sampel 236 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan two-stage proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yakni: Skala iklim kelas, Skala kecerdasan interpersonal, dan Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis SEM (Structure Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel iklim kelas berada dalam kategori “sedangâ€, variabel kecerdasan interpersonal berada dalam kategori “tinggi†dan variabel hasil belajar matematika berada dalam kategori “sedangâ€; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim kelas dengan kecerdasan interpersonal; (3) Iklim kelas secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan besar pengaruh 19%; (4) Kecerdasan interpersonal secara langsung berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika  dengan besar pengaruh 25%.

ABSTRACT

This research is an ex-post facto research that aims to understand the relationship between class climate, interpersonal intelligence and mathematics learning outcomes. The population in this study were all students of class VII State Junior High School in Biringkanaya District Makassar City as many as 2818 students with a sample of 236 students. The sampling technique in this study uses two-stage proportional stratified random sampling. The instruments used are: class sensitive scale, interpersonal intelligence scale, and mathematics learning achievement test. Data were analyzed with descriptive statistics and SEM (Structure Equation Modeling) analysis. The results showed that: (1) Class climate variables are in the "medium" category, interpersonal intelligence variables are in the "high" category and mathematics learning outcome variables are in the "medium" category; (2) There is a positive and significant relationship between class climate influence and interpersonal intelligence;(3) Class climate directly towards learning 19%; (4) Interpersonal intelligence directly directs positive towards mathematics learning outcomes with a large influence of 25%.

References

Admoko, D. (2009). Pengaruh Disiplin Belajar, Iklim Kelas dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akintansi Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cangkringan. Yogyakarta: Skripsi Universitas Sanata Dharma.

Azis, K., & Joharman, S, K. (2013). Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal, Berpikir Kreatif dan Hasil Menulis Kelas V SD Negeri di Kabupaten Kebumen. Kalam Cendikia PGSD Kebumen, 1(3), 1-3.

Bennett, J. (2001). The Relationship Between Classroom Climate and Student Achievement. In Dissertation. University Of North Texas.

Hadinata, P. (2009). Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 3(1), 93–98.

Muijs, Daniel & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurwati. (2009). Hubungan Antara Interaksi Sosial Siswa dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Gorontalo. Cakrawala Pendidikan, XXVIII(2), 109-119.

Ormrod, J, E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Edisi keenam (Jilid I). Jakarta: Erlangga.

Porter, D. (2000). Quantum Teaching Menpraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Sholihah, I, M & Karyanto, P. (2012). Kekuatan dan Arah Kemampuan Metakognisi, Kecerdasan Verbal, dan Kecerdasan Interpersonal Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa XI IPA SMA Negeri 3 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 31-39.

Tarmidi & Wulandari, L. (2005). Prestasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa Terhadap Iklim Kelas pada Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Jurnal Psikologi, 1(1), 19-27.

Tobing, E, J, S, L. (2013). Hubungan Intelegensi Interpersonal dengan Hasil Belajar Biologi kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolok Merawan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Medan: Skripsi Universitas Negeri Medan

Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal, Interpersonal, dan Eksistensial. Jurnal UPI, Edisi Khusus(1), 33-45.

Yates, S, M. (2001). Student’s Achievement and Perception of School Climate During the Transition from Single Sex Eduacation to Co-education. International Education Journal, 2(4), 317-328.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check