PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH MATERI SEGITIGA PADA SISWA SMP KELAS VII

Authors

  • Fransiska Januarti Gusman Universitas Timor, Indonesia
  • Sulastri Suddin Universitas Timor
  • Oktovianus Mamoh Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.984

Keywords:

Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Segitiga.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash materi segitiga, dengan menghasilkan media pembelajaran Macromedia Flash yang valid, praktis dan efektif materi segitiga pada siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket respon siswa dan guru, serta soal tes. Proses pengembangan media pembelajaran macromedia flash dengan model pengembangan ADDIE yang telah dilewati antara lain: 1) tahapan analisis, 2) tahapan desain, 3) tahapan pengembangan, 4) tahapan implementasi dan 5) tahapan evaluasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran macromedia flash dinyatakan valid diperoleh dari lembar validasi media dengan skor 4,28 berada pada kategori sangat valid. Media pembelajaran macromedia flash dikatakan praktis diperoleh dari angket respon siswa dan guru dengan skor 4,55 dan 4,40 berada pada kategori sangat baik. Media pembelajaran macromedia flash dengan kriteria efektif dari hasil tes dengan skor 77,78 % berada pada kategori baik. Hasil proses pengembangan menunjukkan media pembelajaran macromedia flash valid, prkatis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

References

Arsyad, A. (2002) Media Pembelajaran. 1st edn. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Fero, D. (2011) (2011) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia

Flash 8 Mata Pelajaran TK Pokok Bahasan Fungsi Dan Proses Kerja Peralatan TK Di SMAN 2 Banguntapan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gusman, F. J. & Suddin, S. (2020) „Prosiding LKTI UNIMOR 2019‟, (August 2019), pp.

–51.

Hamalik, O. (2002) Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al Gesindo.

Herawati, E. (2017) „Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika Pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya Dan Bentuk Akar Kelas Ix Smp Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu‟, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), p. 66. doi: 10.33603/jnpm.v1i1.254.

Jayadi (2008) Desain dan Aplikasi Media Pembelajaran Macromedia Flash. Jakarta: Ardana Media.

Kemendikbud (2014) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58 Tahun 2014, Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Khairani, majidah (2016) „Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix‟, Jurnal Iptek Terapan, 10(2), pp. 95–102. doi: 10.22216/jit.2016.v10i2.422.

Lee, William & Owens, D. (2004) Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pfeiffer.

Masykur, R., Nofrizal, N. and Syazali, M. (2017) „Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash‟, Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), p. 177. doi: 10.24042/ajpm.v8i2.2014.

Nasution, S. H. et al. (2015) „Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kemampuan Penalaran Spasial Siswa Pada Topik Dimensi Tiga Kelas X‟, Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), pp. 903–913. Available at: http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/view/66.

Roza, Y. et al. (2017) „Computer-Based Media for Learning Geometry at Mathematics Class of Secondary Schools‟, Journal of Educational Sciences, 1(1), p. 79. doi: 10.31258/jes.1.1.p.79-91.

Safitri, M., Hartono, Y. and Somakim, S. (2013) „Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas Vii Smp‟, Jurnal Pendidikan, 14(2), pp. 62–72. doi: 10.33830/jp.v14i2.358.2013.

Setyono, T. and Afri, L. E. (2011) „Jurnal – Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Mene‟, pp. 1–10.

Sugiono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandumg: ALFABET.

Syah, M. (2010) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taufiqurrahman, A. (2007) „Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Pokok Polinomial (Suku Banyak).‟ Available at: etheses.uinmataram.ac.id.. Pada 03 Juli 2019.

Tegeh, M. (2014) Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widoyoko, E. P. S. (2009) Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yeni, E. M. (2011) „Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar‟, Edisi Khusus, pp. 63–75.

Downloads

Additional Files

Published

2021-10-01

Issue

Section

Articles

Citation Check