PROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF MAHASISWA DI PRODI EKONOMI SYARIAH

Authors

  • Rahma Hidayati Darwis IAIN Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1067

Keywords:

literasi matematika, gaya kognitif, reflektif, impulsif

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap secara mendalam mengenai kemampuan mahasiswa dalam literasi matematika mahasiswa program studi Ekonomi Syariah STAIN Watampone, selain itu penilitian ini juga berusaha mengungkap faktor yang dapat memberikan dampak atau pengaruh terhadap kemampuan berliterasi matematika oleh mahasiswa khususnya pada materi diferensial. Karena menggunakan kualitatif maka subjek yang dipilih didasarkan pada pertimbangan tertentu sehingga teknik yang digunakan purposive sampling. Informasi atau data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik pengumpulan berupa observasi, tes, dan wawancara. Selanjutnya data atau informasi yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduction, display, dan conclusion atau verifikasi. Berdasarkan hasil analisis tergambar bahwa mahasiswa melalui gaya kognitifnya mampu mengimplementasikan keterampilan dan mengungkapkan alasan secara baik, serta menginterpretasikan penjelasan kemudian mengomunikasikan pendapat berdasarkan hasil intepretasi yang dilakukan. Selain itu mahasiswa sudah mampu menggunakan konsep diferensial untuk memodelkan persoalan-persoalan yang lebih kompleks. Selanjutnya beberapa faktor yang dapat memberikan efek atau pengaruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam berliterasi matematika pada materi diferensial, yaitu gaya kognitif, mahasiswa belum dibiasakan dengan masalah-masalah yang memuat literasi matematika, dan kecenderungan pembelajaran belum banyak memberikan muatan literasi matematika dalam penyampaian materi di kelas

Downloads

Additional Files

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles

Citation Check