PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA TERAPAN UNTUK MODEL BLENDED LEARNING

Authors

  • I Ketut Darma Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Made Karma Politeknik Negeri Bali
  • I Made Anom Santiana Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1113

Keywords:

Pengembangan, E-Modul, Matematika Terapan, Blended Learning

Abstract

Strategi blended learning merupakan pencampuran dua atau lebih strategi pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang diharapkan. Komponen pembelajarannya, yaitu; 1) online learning, 2) pembelajaran tatap muka, dan 3) belajar mandiri. Pembelajaran matematika ke depan,  mengarah ke penggunaan model blended learning. Bahan ajar sebagai sumber belajar perlu disesuaikan dengan kondisi mahasiswa dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh dosen. Sangat perlu dikembangkan E-Modul matematika terapan untuk blended learning yang sesuai dengan prinsip-prinsip instruksional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas  dan praktikalitas E-Modul matematika terapan untuk model blended learning. Penelitian  menggunakan metode pengembangan model 4D meliputi: Define, Design, Develop, dan Disseminate, dilaksanakan di Politeknik Negeri Bali (PNB).  Subjeknya: ahli isi, ahli media, ahli desain, praktisi dan mahasiswa.  Data validitas bersumber dari ahli isi, media, dan desain dikumpulkan memalui angket validasi. Data praktikalitas bersumber dari dosen pengajar matematika dan mahasiswa dikumpulkan melalui angket validasi dan  praktikalitas. Validitasnya dilihat dari  kelayakan: isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Sedangkan praktikalitas dilihat dari kemudahan penggunaan, kemenarikan sajian dan manfaat.  Data dianalisis secara deskriptif, hasilnya  menunjukkan tingkat validitas mencapai 84,5 % terkategori valid sedangkan praktikalitasnya sebesar 83,6 % terkategori praktis. E-Modul layak dan praktis digunakan untuk blended learing, namun perlu dilakukan revisi-revisi kecil. Implikasinya E-Modul  setelah dilakukan revisi kecil dapat dilanjutkan ketahap pengembangan selanjutnya yaitu uji keefektivan dan desiminasi

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Almasaeid, T., F. (2014). The Effect of Using Blended Learning Strategy on Acievement and Attitude in Teaching Science Among 9th Grade Student. European Scientific Journal, 10(31), 133-145.

Ahmed, M, (2016) The effect of a flipping classroom on writing skill in english as a foreign language and students’ attitude towards flipping. US-China Foreign Language. 14(2), 98-114. DOI 10.17265/1539-8080/2016.02.003

Bath, D. and Bourke, J. (20213). Getting Started with Blended Learning. Brisbane: Griffith University

Bawaneh, S.S. (2011). The Effects Of Blended Learn¬ing Approach On Students’ Performance: Evidence From A Computerized Accounting Course. Interdisciplinary Journal of Research in Business, 1(4), 43–50.

Carman, J., M. (2009). Blended Learning Design: Five Key Ingredients, Director, Product Development Knowledge Net, October 2002 www.brandon-hall.com. EriÅŸim tarihi: 15 February 2009 dalam http://www.ubicc.org/files/pdf/1_355.pdf diunduh 12 September 2019

Chaeruman, U., A.. (2007). Suatu Model Pendidikan Dengan Sistem Belajar Mandiri. Jurnal Teknodik, 11(3), 11-28

Chang, K.E., Sung, Y.T, & Hou, H.T. (2006). Web–based tools for designing and develop¬ing Teaching Materials for integration of information. Educational Technology & Society, 9(4), 139-149

Darma, I K., Karma, I G. M., & Santiana, I M., A. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 3, 527-539

Depdiknas. (2006). Pedoman dan Mimilih Bahan Ajar. Derektorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2008). Standar Penilaian Buku Pembelajaran Sains. Jakarta: Pusat Pembukuan.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Driscoll, M. (2002). Blended Learning: Let’s Get beyond the Hype. IBM Global Services.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 1–7.

Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. Dalam C. J. Bonk & C. R. Graham (Eds), The Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs (pp. 3-21). San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Husni, A., Juanda, E.A. & Hamidah, I. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Web Pada Materi Fluida Statis Untuk Mening¬katkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2010, 451-458.

Ilham, A. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.

Imansari, N., Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16.

Isti’anah, A. (2017). The Effect of Blended Learning to the Students’ Achievement in Grammar Class. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 4(1), 16-30.

Keegan, D. (1986). The Foundation of distance education. London: Croom Helm.

Keegan, D. (1993). Theoretical priciples of distance education. London & New York: Routledge.

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Levenberg, A & Caspi, A. (2010). Comparing Per¬ceived Formal and Informal Learning in Face-to-Face versus Online Environments. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects. 6(- ), 323-333

Lin-na, H. (2012). Practical Teaching Design of Basis of College Computer Engineering Based on Blended Learning Model. Advanced Technology in Teaching, AISC, 163, 119 – 123.

Lopes, A.. P., & Soares, F. (2018). Flipping A Mathematics Course, A Blended Learning Approach. INTED2018 Proceedings. https://doi.org/10.21125/inted.2018.0749

Marsh, D. (2012). Blended Learning: Creating Learning Opportunities for Language Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Obiedat, R., Eddeen, N. L., Harfoushi, O., Koury A., Hamarsheh, A.M., and AlAssaf, N. (2014). Effect Blended Learning on Academic Achievement of Student in The University of Jordan, International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 9(2), 37-44.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Riduwan. (2014). Dasar-dasra Statistika. Bandung: Alfabeta

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano FMIPA UNNES, 3(1), 59-72.

Sidiq, R. dan Najuah. ( 2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1-14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukiman. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Insan Madani

Syamsul, A., & Kusrianto, A. (2009). Sukses Menulis Buku Ajar & Referensi. Jakarta: PT Grasindo.

Tampubolon, M. A. W., Arthur, R., & Daryati, D. (2017). Pengembangan E-Module Konstruksi Bangunan pada Kompetensi Dasar Menerapkan Spesifikasi dan Karteristik Kayu. Jurnal PenSil, 6(2), 1-8.

Tim Jago Nulis. (2016). Rahasia Menulis Buku Ajar. Ed.1. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved May 20, 2018 from https://books.google.co.id/books?.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook. Indiana: Indiana University.

Thorne, K. (2003). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. Retrieved May 12, 2016 from www.koganpageTrianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2011). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Tsai, T., Lin, J., & Lin, L. (2017). A Flip Blended Learning Approach for ePUB3 eBook-based Course Design and Implementation. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 123–144 https://doi.org/10.12973/ejmste/79629

Van den Akker, J. (1999). Principles and methods of development research. In J. van den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design approaches and tools in education and training (pp. 1-14). Boston: Kluwer Academic.

Van den Akker, J. (2005). Hoe kan samenwerking leiden tot meer succes en wijsheid in onderwijsontwikkeling? [How can collaboration lead to more success and wisdom in education development?]. Pedagogische Studiën, 82(4), 343-7.

Westover, J. H., & Westover, J. P. (2014). Teaching Hybrid Courses Across Disciplines: Effectively Combining Traditional Learning and e-Learning Pedagogies. International Journal of Information and Education Technology, 4(1), 93–96.

Widodo, C., & Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Articles