Analisis Kesulitan Siswa Memahami Materi SPLTV Ditinjau dari KAM Pada Kelas Virtual

Authors

  • Silmy Atqiyah Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka University
  • Ervin Azhar Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka University

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i1.1729

Keywords:

kesulitan, kemampuan awal matematika, SPLTV, virtual

Abstract

Kemampuan awal matematika siswa sangat penting diketahui sebagai dasar bagi siswa memahami materi selanjutnya. Permasalahan konstektual dalam materi SPLTV membuat siswa banyak mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas X pada kelas virtual dalam memahami materi SPLTV ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Depok dengan sample sebanyak 56 siswa. Teknik pengambilan sample yaitu dengan cara Siswa terlebih dahulu diberikan soal pre-test. Dari hasil pre-test, siswa dikategorikan sesuai kemampuan awal matematika siswa. Dari 56 siswa, diambil 6 siswa sesuai kategori kemampuan awal matematika berdasarkan pre-test. Data diambil dari hasil analisis test uraian SPLTV dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah Siswa berkemampuan awal tinggi memahami konsep dari SPLTV, sehingga siswa mampu menyelesaikan permasalahan SPLTV. Namun, siswa berkemampuan awal sedang dan rendah mengalami kesulitan memahami materi SPLTV, salah satunya karena model pembelajaran dalam kelas virtual sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep dari SPLTV. Kesulitan siswa berkemampuan awal sedang dan rendah dalam memahami konsep SPLTV membuat siswa tidak dapat menyelesaikan permasalahan SPLTV dengan baik.

References

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Aziz, A. N., & Prabowo, A. (2015). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Slow Learner di Kelas Inklusif SMP Negeri 7 Salatiga. 6(2), 111–120.

Cardo A.P., D., Napisah, D., Wungo, D. D., Utama, G. D., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.311

Fatimah, U., Fahmi, S., & Dahlan, U. A. (2018). Deskripsi Analisis Kesulitan Matematika Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Slow Learner Kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran Abstrack Abstrak. Sendika Fkip Uad, 2(1), 130–136.

Hartinah, S., Ferdianto, F., Swadaya, U., & Jati, G. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Memahami Materi SPLTV. 1(32), 484–492.

Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Matematis Siswa Sma. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Nabilah, E., Umam, K., Azhar, E., & Purwanto, S. E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6595

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 01(02), 323–334.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Puspitasari, E., Yusuf, E., & Nugraha, A. (2017). ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMP Echy Puspitasari, Edy Y, Asep N Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak. Universitas Tanjungpura, 1–9.

Putra, M., & Novita, R. (2015). Profile of secondary school students with high mathematics ability in solving shape and space problem. Journal on Mathematics Education, 6(1), 20–30. https://doi.org/10.22342/jme.6.1.1940.20-30

Putri, A., & Amelia, R. (2021). KESULITAN DAN HAMBATAN SISWA SAAT PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN GENDER. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 278 - 288. doi:http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1362

Rahmawati, F., & Retnawati, H. (2019). An Analysis of Students’ Difficulties in Solving PISA-like Mathematical Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1200(1), 140–153. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1200/1/012015

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Rini, E. S. (2016). Pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa kelas x Madrasah Aliyah Negeri 1 Palu melalui model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran inkuiri. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 20–29.

Sari, N. R., Hidayat, W., & Yuliani, A. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Pada Materi SPLTV Ditinjau Dari Self-Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 93. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3776

Supartinah, A., & Hidayat, W. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 10(1), 54–65.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Utami, Y. P., Alan, D., Cahyono, D., & Indonesia, U. T. (2020). Studi at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pemjbelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20–26. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/252/84

Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., & Sugiman. (2019). Diagnosing Students ’ Learning Difficulties in the E Yes. 10(3), 357–364.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806

Zamili, M. (2015). Menghindar Dari Bias: Jurnal Lisan Al Hal, 7(2), 283–304.

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles