PENGEMBANGAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Authors

  • Andi Yunarni Yusri STKIP Andi Matappa

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.1815

Keywords:

Pengembangan, Authentic Assesment, Pembelajaran Geometri

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Proses pengembangan alat penilaian autentik menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan.Target capaian/luaran dari penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang berada pada kriteria valid. Hasil dari penelitian ini adalah suatu perangkat alat penilaian autentik yang sahih, andal, obyektif dan praktis melalui proses pengembangan.

References

Muslich. M, 2016. Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. PT Refika Aditama. Bandung.

Nurdin. 2017. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.

Salam & Upu. H. 2015. Pembelajaran Model Fortofolio. Tidak diterbitkan: Matematika FMIPA UNM. Makassar.

Sa’dijah. C. 2019. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif Jilid 4 Nomor 2 Maret. Tidak Diterbitkan.

Suherman dkk, 2015. Strategi Pembeajaran Matematika Kontemporer. JICA. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sudirman. A. Nur Ismi, 2010. Pengembangan Alat Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Logika Matematika dan Trigonometri. Perpustakaan PPs UNM Makassar.

Thiagarajan, S. Semmel, DS. Semmel, M. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Blomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles