PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Herman Alimuddin

Abstract


Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhdap hasil belajar matematika. Permasalahan yang dikaji adalah “ Hasil belajar peserta didik yang menerapkan pembelajaran Group Investigation berbeda dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang menerapkan pembelajaran Group Investigation berbeda dengan yang menerapkan pembelajaran konvensional materi Bilangan Bulat. Sampel penelitian diambil secara random, di mana dipilih menjadi dua kelas dari 12 kelas. Pengumpulan data menggunakan Tes Hasil Belajar Matematika pada pokok Bahasan Bilangan Bulat dalam bentuk Uraian.Teknik Analisis data menggunakan statistika deskriptif adalah sebagai berikut. (1) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation (Kelompok eksperimen) Mencapai nilai rata rata sebesar 73,67 dengan simpangan baku (standar deviasi) sebesar 8,479 (2) Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (Kelompok Kontrol) mencapai nilai rata rata 69,92 dengan simpangan baku (standar deviasi) sebesar 76,25. Dan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran Konvensional. Teknik analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model Group Investigation dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.


Keywords


kooperatif; group investigasion; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdorahman Gintings, 2010, Esesnsi Praktis Belajar & Pembelajaran, Humaniora, Bandung

Abd Haling, 2007, Belajar dan Pembelajaran. Makassar : FIP-UNM

Agus N Cahyo, 2013, Panduan Aplikasi Teori Belajar Mengajar Teraktual Dan Terpopuler, Yogyakarta : DIVA Pers

Asri Budiningsih, 2015, Belajar dan Pembelajaran, Jakatra : PT Rineka Cipta

Daryanto, 2013, Inovasi Pembelajaran Efektif, Bandung : Yrama Widya

Dimyati dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

Djafar, 2001, Kontribusi Pembelajaran terhadap hasil belajar, Jakarta : Depdiknas

Firdha razak, 2011, Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa kelas VIIID SMP Negeri 3 Bungoro, Skripsi, Jurusan matematika STKIP Andi Matappa

Http, Tiannugros, blogspot, com diakses tanggal 25 Juli 2017 jam 15.50 Wita

Isjoni, 2009, Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kristiawati, 2009, Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Makassar, Skripsi, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

Maharuddin Pangewa, 2010, Perencanaan Pembelajaran (Suatu standar Kompetensi Pedagogik Bagi Guru), Makassar : Badan Penerbit Universitas Makassar

Mulia Tias Pratiwi, 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievent Division) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene, Proposal, Jurusan matematika STKIP Andi Matappa

Mohammad Jauhar, 2011, Implementasi PAIKEM Dari Behavioristik Sampai Konstruktivistik, Jakarta : Bumi Aksara

Nana Sudjana, 2010, Penilaian Hasil Belajar Menagajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Ruseffendi, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksata Lainnya, Bandung : Transito

Sanjaya, 2006, Strategi Pembelajaran, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta

Sugiyanto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta : Yuma Pustaka

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabet

Trianto, 2011, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Prestasi Pustaka Publisher, Jakarta

Udin S, Winataputra, 2001, Model-medel Pembelajaran Inovatif, Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka

Yunus Abidin, 2014, Desain Sistem Pembelajaran, Bandung : Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i2.186

Article metrics

Abstract views : 532 | views : 292


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats