Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Digital Berbantuan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis

Authors

  • Tia Insan Nurfadillah Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi
  • Puji Lestari Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2163

Keywords:

UKBM Digital, Connection Mathematics Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan UKBM Digital dengan berbantuan aplikasi kvisoft flipbook maker untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis dan mengetahui kualitas efektifitasnya dalam mengeksplor kemampuan koneksi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket, wawancara dan tes koneksi matematis. Media yang dikembangakn telah dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok kecil diberikan kepada 9 peserta didik kelas X MIPA 3 sedangkan uji coba kelompok besar diberikan kepada 31 peserta didik kelas X MIPA 2. Hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar diperoleh kategori “baikâ€. Kemudian berdasarkan hasil pengujian effect size (ES) diperoleh nilai 1,94 dengan kategori “strong effectâ€. Dapat disimpulkan bahwa UKBM Digital dengan berbantuan aplikasi kvisoft flipbook maker valid dan dapat digunakan oleh peserta didik untuk mengeksplor kemampuan koneksi matematis sebagai sumber belajar










 

Author Biographies

Tia Insan Nurfadillah, Universitas Siliwangi

Pendidikan Matematika

Nani Ratnaningsih, Universitas Siliwangi

Pendidikan Matematika

Puji Lestari, Universitas Siliwangi

Pendidikan Matematika

References

Aziziy, N. Y., et al (2019). Desain Unit Kegiatan Belajar Mandiri ( UKBM ) dalam Mengembangkan Keterampilan Scientific Collaboration Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Pascasarjana, 2(1). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/396/293

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research. https://doi.org/10.29333/pr/7937

Bayani, A. (2019). Pengembangan e-Book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok SMP/MTs Kelas VIII. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i1.2625

Cohen, J. (1992). Statistical Power Analysis. Current Directions in Psychological Science, 1(3), 98–101.

Dwipayanti, I., et al (2020). Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Berbasis Pendekatan Stem Pada Materi Sistem Respirasi Dengan Berbantuan Edmodo 7(2), 81–93. Retrived From: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/29682

Fajar, D. S., et al (2019). Desain bahan ajar berbasis kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada kelas VII. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 125-136

Faudziah, L., et al (2019). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Dilihat Dari Perbedaan Jurusan Di Smk. Journal On Education P-ISSN 2655-1365 Volume 01, No. 03, April, hal. 101-106. Retrived From : https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/125/105

Fitri, E. R., & Pahlewi, T. (2020). Pengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. JPAP: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2), 281–291. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9871

García-García, J., & Dolores-Flores, C. (2018). Intra-mathematical connections made by high school students in performing Calculus tasks. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1355994

Handayani, D. P., et al (2019). Pengembangan Media Game Side Scrolling dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 278. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19367

Harnisch, D., Gabric, K., & Shope, R. (2002). Using Visualization to Make Connections Between Math and Science in High School Classrooms Using Visualization to Make Connections Between Math and Science in High School Classrooms. January.

Hermawan, F. (2019). Pengembangan Ukbm Digital Pada Materi Pertidaksamaan Eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 165–174. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6363

Ivorra, B., et al (2020). Mathematical modeling of the spread of the coronavirus disease 2019 (COVID-19) taking into account the undetected infections. The case of China. Communications in Nonlinear Science and Numerical Simulation, 88(PG-105303-105303), 105303. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1016/j.cnsns.2020.105303

Kim, S., & Jung, E. (2019). Prioritization of vaccine strategy using an age-dependent mathematical model for 2009 A/H1N1 influenza in the Republic of Korea. Journal of Theoretical Biology, 479, 97–105. https://doi.org/10.1016/j.jtbi.2019.07.011

Komikesari, H., Mutoharoh, M., Dewi, P. S., Utami, G. N., Anggraini, W., & Himmah, E. F. (2020). Development of e-module using flip pdf professional on temperature and heat material. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012017

Lifira, F.F., & Lestyanto, L.M. (2020). E-Ukbm Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel 51Jurnal KajianPembelajaran MatematikaVOLUME 4NOMOR 2, OKTOBER 2020ISSN: 2549 –8584 (online). Retrived From : http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Madiya, I. W. (2020). Pengembangan Aplikasi E-Ukbm Kimia Sebagai. 1(4), 142–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003785

Martin, Florence O., et al (2013). Development of an Interactive Multimedia Instructional Module. Journal of Applied Instructional Design, 3(3), 5–18.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan digital book interaktif mata kuliah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114

Muflihah, I., et al (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematic Education. Retrived From : http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/628

Ningrum, Y. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Penerapan Ukbm ( Unit Kegiatan Belajar Mandiri ) Bahasa Jepang Kelas X Sma Negeri 1 Boyolangu Tahun Ajaran 2018 / 2019 Yulia Ningrum Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Penerapan UKBM ( Unit Kegiatan Belajar) Retrived From : https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/kejepangan-unesa/article/view/3137

Nuna, S., et al (2020). Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Spasial pada Topik Prisma dan Limas. Journal of Mathematics Education JAMBURA. Retrived From : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jmathedu/article/view/7675

Nur Afif (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam Volume 2 No. 01 2019, p. 117-129 ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online) DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Pratiwi, G., et al (2020). Pengembangan E-UKBM Dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Peserta Didik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(2), 46–55. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i2.697

Prasetya, D. D., et al (2018). An interactive digital book for engineering education students. World Transactions on Engineering and Technology Education.

Priwanto, Widyanesty, S., Fahmi., S., & Dwi Astuti. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Dipadukan Dengan Geogebra Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier. Jurnal AdMatchEdu, 8, 49–58

Rudokas, K., et al. (2019). Valuing the socio-economic benefits of built heritage: Local context and mathematical modeling. Journal of Cultural Heritage, 39, 229–237. https://doi.org/10.1016/j.culher.2019.02.016

Septiana, R. (2020). Bioeduca : Journal of Biology Education Analisis Penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri ( UKBM ) pada Pembelajaran Biologi Pendidikan Biologi , Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang PENDAHULUAN Sistem Kredit Semester ( SKS ) merupakan bentuk penyel. 2, 57–66.

Setiyani, S., Putri, D. P., & Prakarsa, D. (2019). Designing Camtasia Software Assisted Learning Media Toward Students’ Mathematical Comprehension in Numeral Material. Infinity Journal, 8(2), 143. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p143-156

Sugianto, I.U & Abd.Qohar. (2020). Koneksi Matematis pada Pembelajaran Matematika Materi Logaritma Siswa Kelas X. Journal of Mathematics and Mathematics Education Volume 2, No. 1, 2020, pp. 82-88 http://dx.doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5323 .

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. In Nature Materials. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Susanty, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm Siswa Sma Kelas X Ipa Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 870–876.

Swandini, A., Supraptono, E., Sukamta, S., & Nadir, M. (2017). Pengaruh Buku Ajar Elektronik Berbasis Android Pada Materi Ajar Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 7(1), 1–9.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Wijayanti, R., et al (2018). Media comic math berbasis whiteboard annimation dalam pelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.19207

Winarlis, & Hasanudin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Project Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 297–304.

Yong., C. Y., et al (2012). Gender As A Moderator Between Level of MATLAB Knowledge and MATLAB Features Understanding. International Journal of Education and Learning, 1(2), 1–10.

Yuniar, F., et al (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413

Downloads

Published

2022-10-18

Issue

Section

Articles