KEEFEKTIFAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR BERDASARKAN KOMPONEN PROSES LITERASI MATEMATIKA

Authors

  • rusmining rusmining Universitas Ahmad Dahlan
  • rima aksen cahdriyana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2379

Keywords:

keefektifan, pengembangan instrumen, literasi matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya, dimana sebelumnya telah dikembangkan instrument tes hasil belajar berdasarkan standar proses literasi matematika. Dari hasil pengembangan instrument yang telah dilakukan, dihasilkan bahwa instrument yang dikembangkan dikatakan layak untuk digunakan dengan indikator kelayakan ditinjau dari segi kevalidan dan kepraktisan. Dari segi kevalidan, telah dinyatakan valid oleh tiga validator ahli, sedangkan dari segi kepraktisan telah dikatakan praktis dari hasil angket respon mahasiswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu mengetahui sejauh mana keefektifan instrumen tes hasil belajar yang telah dikembangkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan mengambil satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dengan masing-masing sampel sebanyak 20 mahasiswa. Dari hasil eksperimen, diperoh hasil bahwa:(1) nilai tes dari instrumen yang telah dikembangkan diperoleh nilai signifikansi hasil uji saphiro-wilk sebesar 0,16 dengan demikian H0 diterima yang menunjukkan data normal; (2) pada uji levene test diperoleh nilai signifikansi 0,337 yang berarti H0 diterima maka data homogen; (3) hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,001maka H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan rata-rata yang sangat signifikan antara kelas kelas eksperimen dan kontrol. Dari ketiga hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen tes berdasarkan standar proses literasi efektif.

References

Ojose, B. (2011). “Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everiday Use?â€. Journal of Mathematics Education, Vol. 4 No.1 Hal. 89-100.

Draper, R. J. (2002). “School Mathematics Reform, Constructivism, and Literacy: A Case for Literacy Instruction in The Reform-Oriented Math Classroomâ€. Journal of Adolescent & Adult Literacy, Vol. 46 No. 6.

Wong, Patrick. (2005). “Mathematical Literacy of Hong Kong’s 15 Year Old Students in PISAâ€. Education Journal, Vol. 32 No. 1.

Stacey, Kaye. (2010). “Mathematical and Scientific Literacy Around The Worldâ€. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, Vol. 33 No. 1 Hal. 1-16.

Brewley, D. S. (2012). “College Mathematics Literacy Workers of The Young People’s Project Chicago: A Community of Practiceâ€. Journal of Urban Mathematics Education, Vol. 5 No. 1 Hal. 44-54.

BSNP. (2007). Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Rusmining. (2020). “Analisis Hasil Belajar Berdasarkan Komponen Proses Literasi Matematikaâ€. Jurnal Histogram Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 2.

Rusmining. (2017). “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Komponen Prosesâ€. Unnes Journal of Mathematics Education, Vol. 6, No. 3.

OECD. (2019). Multilingual Summaries PISA 2018 Results (Volume 1) What Students Know and Can Do. Summary in Indonesian.

OECD. (2010). The Programme for International Student Assessment (PISA). http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf (diunduh 5 Oktober 2013).

Rusmining. (2018). “Analysis of content components and context components of mathematics literacy on linear algebraâ€. IOP Conference Series.

Rusmining. (2019). “Penerapan Think Pair Share Bermuatan Literasi Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematikaâ€. Jurnal Histogram Pendidikan Matematika. Vol. 3, No. 2.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). “Pengembangan lembar kegiatan siswa menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistikâ€. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 395-412.

Hasanah, U., Wardono, W., & Kartono, K. (2016). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Pandra, V., & Mardapi, D. (2017). “Development of Mathematics Achievement Test for Third Grade Students at Elementary School in Indonesiaâ€. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(8), 769–776.

Savitri, S.N., Rochmad, & Agoestanto, A. (2013). “Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu pada Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalahâ€. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1).

Newman, I., Lim, J., & Pineda, F. (2013). “Content Validity using Mixed Methods Approach: Its application and development through the use of a Table of spesifications methodolyâ€. Journal of Mixed Methods Research, 7(3), 243–260.

Downloads

Published

2022-10-18

Issue

Section

Articles