PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA E-LEARNING

Authors

  • SIRW ANTI STKIP MUHAMMADIYAH BONE, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v1i1.24

Keywords:

Kooperatif, Scientific, E-learning, Program Linear

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran program linear berbasis model pembelajaran kooperatif pendekatan scientific dengan media e-learning yang valid, praktis dan efektif di kelas X multimedia SMKN 1 Somba Opu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes, dan kuisioner respon siswa. Subyek penelitian adalah kelas X Multimedia di SMKN 1 Somba Opu. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan adlah buku siswa, LKS, dan PP. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan prinsip Thiagarajan (4-D). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran yang digunakan valid karena hasil validasi berada pada interval 3,5 ≤ 𑉠̅ < 4,5 dengan rata-rata 𑉠̅ = 4.1 berarti valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil; (2) Perangkat pembelajaran praktis karena didalamnya terdapat kategori yang dapat mengaplikasikan aktivitas
pembelajaran; (3) Perangkat pembelajaran efektif karena didalamnya terdapat tiga instrumen yaitu tes hasil belajar, LKS, dan kuisioner respon siswa yang terdapat pada kriteria interval tolerasi efektif

References

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi.Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. 2007. PsikologiPendidikan (EdisiKedua). Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. 2005.Cooperative learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumardyono. 2013. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Matematika SMK. Makalah pada Diklat LPMP. Makassar.

Suprijono, A. 2012.Cooperative Learning: Teori&Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Sutawijaya. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2017-10-07

Issue

Section

Articles

Citation Check