PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MEDIA E-LEARNING

SIRW ANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran program linear berbasis model pembelajaran kooperatif pendekatan scientific dengan media e-learning yang valid, praktis dan efektif di kelas X multimedia SMKN 1 Somba Opu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes, dan kuisioner respon siswa. Subyek penelitian adalah kelas X Multimedia di SMKN 1 Somba Opu. Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan adlah buku siswa, LKS, dan PP. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan prinsip Thiagarajan (4-D). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran yang digunakan valid karena hasil validasi berada pada interval 3,5 ≤ 𝑉 ̅ < 4,5 dengan rata-rata 𝑉 ̅ = 4.1 berarti valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil; (2) Perangkat pembelajaran praktis karena didalamnya terdapat kategori yang dapat mengaplikasikan aktivitas
pembelajaran; (3) Perangkat pembelajaran efektif karena didalamnya terdapat tiga instrumen yaitu tes hasil belajar, LKS, dan kuisioner respon siswa yang terdapat pada kriteria interval tolerasi efektif


Keywords


Kooperatif, Scientific, E-learning, Program Linear

Full Text:

PDF

References


Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi.Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. 2007. PsikologiPendidikan (EdisiKedua). Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. 2005.Cooperative learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumardyono. 2013. Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Matematika SMK. Makalah pada Diklat LPMP. Makassar.

Suprijono, A. 2012.Cooperative Learning: Teori&Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Sutawijaya. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i1.24

Article metrics

Abstract views : 492 | views : 214


Copyright (c) 2017 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats