BATU SANDUNGAN CALON GURU MATEMATIKA DALAM VISUALISASI KONSEP LIMIT FUNGSI

Authors

  • Randy Saputra Mahmud Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Takdirmin Takdirmin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i2.2484

Keywords:

limit fungsi, analisis kesalahan, pendidikan calon guru

Abstract

Limit fungsi merupakan salah satu konsep dalam matematika yang memerlukan perhatian khusus. Terdapat banyak konsep matematika yang memerlukan pemahaman konsep limit dengan baik. Konsep limit fungsi merupakan materi yang akan diajarkan oleh calon guru matematika kepada siswa di kelas 11, sehingga perlu bagi calon guru matematika untuk menguasai konsep tersebut. Namun, ditemukan masih terdapat calon guru matematika yang belum menguasai konsep tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal limit fungsi dan penyebabnya. Penelitian dilakukan di salah satu universitas di Provinsi Sulawesi Selatan dengan 3 subjek yang berada di semester 4 jenjang S1 prodi pendidikan matematika. Analisis yang dilakukan diadaptasi dari langkah-langkah analisis kesalahan oleh Medova (2019). Hasil yang ditemukan adalah kesalahan yang cenderung dilakukan oleh mahasiswa adalah kesalahan dalam membuat sketsa grafik fungsi dan kesalahan dalam memvisualisasikan limit fungsi. Kesalahan dalam membuat sketsa grafik fungsi tersebut dapat ditemukan saat mahasiswa tidak mampu mensketsa grafik fungsi yang terdapat suatu titik tidak terdefinisi dalam domainnya. Adapun kesalahan dalam memvisualisasikan limit fungsi terlihat saat mahasiswa tidak mampu menunjukkan ketiadaan limit di suatu titik. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan karena subjek yang terpilih belum memahami dengan baik konsep fungsi dan konsep limit fungsi.

References

Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah program linear berdasarkan teori kesalahan sastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Farhan, M., & Zulkarnain, I. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa pada mata kuliah kalkulus peubah banyak berdasarkan newmann’s error analisis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 121. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3843

Gaffar, A., Mahmud, R. S., Satriani, S., Halim, S. N. H., & Marup, M. (2021). Proses berpikir matematika siswa tipe climber dan tipe camper berdasarkan langkah bransford stein. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 254–268. https://doi.org/10.33387/dpi.v10i2.3254

Halim, S. N. H., Mahmud, R. S., Tahir, S. R., Gaffar, A., Wulandari, S., & Trisnowali, A. (2021). Analyzing misconception of exponent for high school in makassar. Proceedings of the 1st International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ICMMEd 2020), 550(Icmmed 2020), 430–433. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210508.100

Hariyani, S., Aisyah, F. N. K., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis kesalahan penyelesaian soal cerita berdasarkan kriteria watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 11–22. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.11-22

Mahmud, R. S., Syamsuadi, A., & Nursakiah, N. (2019). Pembelajaran kooperatif stad dengan strategi penugasan multi level instruction pada materi matematika. Journal of Honai Math, 2(1), 37–52. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i1.54

Maulyda, M. A., & Khairunnisa, G. F. (2019). Profil kesalahan mahasiswa dalam menggambar grafik fungsi rasional. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 181–193. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a2

Medová, J., Páleníková, K., Rybanský, L., & Naštická, Z. (2019). Undergraduate students’ solutions of modeling problems in algorithmic graph theory. Mathematics, 7(7), 1–16. https://doi.org/10.3390/math7070572

Medová, J., Rybanský, Ľ., Naštická, Z., & Páleníková, K. (2017). Error analysis of undergraduate students’ solutions of graph algorithm problem. Erie, 3(2), 230–237.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa melalui penerapan lembar aktivitas mahasiswa (lam) berbasis teori apos pada materi turunan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(April), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i01.2994

Purcell, E. J., Varberg, D., & Rigdon, S. E. (2004). Kalkulus Edisi Kedelapan Jilid 1. In Jakarta: Erlangga.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi kecepatan menggunakan teori kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2475–2488. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581

Satriani, S., Mahmud, R. S., & Isnawati, I. (2019). Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi matematika kelas vii. In Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan MatematikaJurnal Ilmiah Pendidikan Matematika p (Vol. 7, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/delta.v7i2.888

Susilowati, E. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal kalkulus lanjut dengan eka’s error analysis. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 55–72. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.55-72

Utami, C. (2020). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Spasial Matematis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 123–132. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1177

Wabula, D., Jafar, & Cahyono, E. (2017). Analisis pemahaman konsep limit fungsi pada siswa sma berdasarkan jenis kelamin. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 191–196.

Waliq, M. N. A. A., Sukmawati, S., & Mahmud, R. S. (2021). Analisis kemampuan menyelesaikan masalah matematika soal hots ditinjau dari kepercayaan diri pada siswa kelas viii smp negeri 5 pallangga [an analysis of students’ ability to solve hots problems based on self-confidence levels in a grade 8 mathematics cla. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(2), 153–171. https://doi.org/10.19166/johme.v5i2.4543

Wijayanti, A., Safitri, P. T., & Raditya, A. (2018). Analisis pemahaman konsep limit ditinjau dari gaya belajar interpersonal. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 157–173. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.714

Yolanda, F. (2021). Analisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika uir pada penyelesaian analisis kompleks. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles