KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL (MMP) DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS VII SMP

Andi Trisnowali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya perbedaan hasil
belajar matematika siswa dengan model pembelajaran MMP dan Pengajaran
Langsung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bersifat komparatif,
populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Watampone yang berjumlah tiga
kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling cluster
yaitu terpilih dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB sebagai sampel penelitian. Kelas
VIIA terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen I yaitu dengan model
pembelajaran MMP dan kelas VIIB terdiri dari 26 siswa sebagai kelas eksperimen II
dengan model pengajaran langsung. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa
hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran MMP
mempunyai skor rata-rata 74,37 yang dikategorikan โ€œtinggiโ€ dengan standar
deviasi 12.14 dan persentase ketuntasan 88,89 %. Sedangkan hasil belajar dengan
model pengajaran langsung mempunyai skor rata-rata 61.81 yang dikategorikan
โ€œtinggiโ€ dengan standar deviasi 13.18 dan persentase ketuntasan 61,54 %. Dari
hasil analisis data untuk statistika inferensial diperoleh nilai 1/2๐‘ โˆ’ ๐‘ฃ๐‘Ž๐‘™๐‘ข๐‘’ < ๐›ผ (taraf signifikansi 0,05) yaitu sebesar 0.0005 < 0,05 sehingga ๐ป0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar dari kedua model pembelajaran di atas dalam hal ini diketahui bahwa model pembelajaran MMP lebih baik daripada model pngajaran Langsung.


Keywords


Missouri Mathematics Project; Pengajaran Langsung.

Full Text:

PDF

References


Al Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. http://matemarso.files.wordpress.com/2008/04/strategi-pembelajaran-matematika.pdf. ( 9 Oktober 2011)

Anniza, Nur. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (Mmp) Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Jeneponto.Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Anwar, Desi. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Cet I. Surabaya: Amelia Surabaya.

Hamalik, oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Bandung.

Hariani. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Mesin Otomotif SMK YP-PGRI Makassar melalui Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Kontekstual. Makassar: FMIPA UNM, 2007.

Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Pasaribu, dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Pujiati,Irma. 2008. Peningkatan Motivasi Dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad. http://jurnal.ump.ac.id/_berkas/jurnal/22.pdf.diakses.Diakses 5 mei 2010.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sahabuddin. 1999. Mengajar dan Belajar. Cet. 1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. V. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjadi. 2000. Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.(Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,

dan R&D). cet.VIII. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Cet. I.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supriyanto, Heru. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Missoury Mathematics Project (Mmp) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

http://etd.eprints.ums.ac.id/1399 M4/1/cover.pdf (1 Maret 2012).

Susanto, Eko. 2008. Ciri-ciri dan Faktor yang mempengaruhi Kreativitas.

Syafruddin. 2008. Pendekatan Open Ended Problem dalam Matematika. http://www.psb-psma.org/content/blog/pendekatan-open-ended-problem-dalam-matematika

Syam, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif BerorientasI Kontruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Widdiharto, Rachmadi. 2004. Model โ€“ Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika. www.google.com (7 oktober 2011).




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v1i2.27

Article metrics

Abstract views : 531 | views : 217


Copyright (c) 2018 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

ย 
ย 
ย 
ย 
ย 

ย 

ย 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

ย 

ย