EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MAKANAN TRADISIONAL DUMBEG KHAS DAERAH REMBANG

Authors

  • Adinda Dwi Ayu Setyani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rini Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2720

Keywords:

Etnomatematika, Makanan tradisional, Dumbeg

Abstract

Makanan tradisional dumbeg khas daerah Rembang merupakan makanan favorit para Wali pada zaman dahulu sekitar abad 15 sampai 16 Masehi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan aktivitas matematika pada makanan tradisional dumbeg khas daerah Rembang. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap proses pembuatan makanan tradisional dumbeg khas daerah Rembang.  Untuk menguji keabsahan data dari data yang diperoleh yaitu menggunakan metode triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat daerah Rembang mengetahui bahwa dalam proses pembuatan dan bentuk makanan tradisional dumbeg ini terdapat beberapa aktivitas matematika seperti menghitung dan mengukur, serta konsep matematika diantaranya konsep matematika geometri, konsep matematika aljabar, dan konsep matematika aritmatika.

References

Abi, A. M. (2017). Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian

Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Fitriyah, A. T., & Syafi’i, M. (2022). Etnomatematika Pada Bale Lumbung Sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–12.

Gusniawati, Mira. (2015). “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jerukâ€. Jurnal Formatif 5(1). Hlm. 26-41.

Halim, A., Jawan, J., Ismail, S. R., Othman, N., & Masnin, M. H. (2013). Traditional knowledge and environmental conservation among indigenous people in Ranau, Sabah, Selangor, Malaysia. Global Journal of Human Social Science Geography, Geo-Sciences, Environmental & Disaster Management Vol 13, Issue 3 version 1. 0.

Herawaty, D., Widada, W., Umam, K., Nugroho, Z., Falaq, A., & Anggoro, D. (2019). The Improvement of the Understanding of Mathematical Concepts through the Implementation of Realistic Mathematics Learning and Ethnomathematics. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 295(ICETeP 2018), 21–25. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.6

Lestari, W.,Sudarmin, S.,Sumarni ,W.(2022). Dumbeg Production Scientification In Rembang, Central Java, Indonesia: Local Culture Integration Efforts In Science Learning. JISE, 216-228, 11(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Lubis, S.,Mujib, A.,Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2). ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/edumatika.

Marleny, A.,Somakim.,Aisyah, N.,Darmawijoyo.,Araiku, J. (2020). Ethnomathematics-Based Learning Using Oil Palm Cultivation Context. Journal of Physics: Conference Series. doi : 10.1088/1742-6596/1480/1/012011 .

Marsigit. (2016) Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (Padang: STKIP PGRI) online: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2291/1254 .

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38.

Nursyahidah, F.,Saputro, B.,Albab, I.(2021). Desain Pembelajaran Kerucut Berkonteks Tradisi Megono Gunungan. Jurnal Elemen, 19-28, 7(1). DOI: 10.29408/jel.v7i1.2655. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel

Nursyahidah, F.,Saputro, B.,Rubowo M. (2018). Students Problem Solving Ability Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1). http://journals.ums.ac.id/index.php/jramathedu

Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.

Nurul A. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Pembuatan Kubah Masjid Berbahan Stainless Steel Di Wirolegi Jember Sebagai Bahan Lembar Kerja Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember.

Pathuddin, H., Kamariah, K., & Nawawi, M. I. (2021). Buginese Ethnomathematics: Barongko Cake Explorations as Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.12695.295-312

Prahmana, R.,Istiandaru, A. (2021). Learning sets theory using shadow puppet: A study of javanese ethnomathematics. Journal Mathematics 9(22). https://doi.org/10.3390/math9222938 .

Pramudita, K.,Rosnawati, R. (2019). Exploration of Javanese culture ethnomathematics based on geometry perspective. Journal of Physics: Conf. Series1200 (2019) 012002.doi:10.1088/1742-6596/1200/1/012002.

Putra, A. (2022). Systematics Literature Review: Eksplorasi Etnomatematika Pada Aktivitas Masyarakat. Lebesgue: Jurnal IlmiahPendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Doi: 10.46306/lb.v3i1. https://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/110/81

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943 (2017) 012032 doi :10.1088/1742-6596/943/1/012. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/943/1/012032

Solehah, A., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 150–160. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/8910

Suarjana, IM, Suharta, IGP, & Japa, IGN (2014). Etnomatematika Sistem Kalender Bali. Seminar Nasional Riset Inovatif II,2, 177-182.

Sudihartinih, E.,Purniati, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Dalam Perkuliahan Geometri Analitik Pada Konsep Irisan Kerucut Dengan Menggunakan Alat Peraga. https://www.researchgate.net/publication/324941524.

Supiyati, Hanum, F., & Jailani. (2019). Etnomatematika dalam Arsitektur Sasak.Jurnal aktif Pendidikan Matematika,10(1), 47–58. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5383.47-58

Supriatna, A and Nurcahyono, N A 2017 Etnomatematika: Pembelajaran Matematika Berdasarkan Tahapan-Tahapan Kegiatan Bercocok Tanam online: http://eprints.ummi.ac.id/154/

Surokim, Rakhmawati, Y., Suratnoaji, C., Wahyudi, M., & Handaka, T. (2016). Riset Komunikasi: Strategi Praktid bagi Peneliti Muda. FISIB-UTM dan Aspikom Jawa Timur.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. CV. Jasmine.

Wahyuni, I. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Fenomena (Jurnal Penelitian Islam Indonesia), 15(2), 225-238.

Winarno, K. (2015). Memahami Etnografi Ala Spradley. Smart, 1(2), 257–265. https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.256

Wondo, MTS, Mei, MF, & Naja, TA (2020). Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Lio Kabupaten Ende untuk Pembelajaran Geometri.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 12 (1), 32–44. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i1.7

Yavuz Topaloglu, M., & Balkan Kiyici, F. (2015). The Opinions of Science and Technology Teachers Regarding the Usage of Out-OfSchool Learning Environments in Science Teaching. Journal of Turkish Science Education, Vol 12 (3), 31-50 doi :10.12973/tused. 10145a).

Zaenuri.,Dwidayati, N.(2018). Exploring ethnomathematics in Central Java. Journal of Physics: Conference Series. doi : 10.1088/1742-6596/983/1/012108.

Zahroh, U. (2018) Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Online:http://blog.iaintulungagung.ac.id/red-c/wp-content/ uploads/sites /109/2018/04 /RED-C_PenerapanPembelajaran-Etnomatematika.pdf

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura.Igma,2(2), 35–40. https://doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles