ANALISIS TINGKAT LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG

Authors

  • Layli Choirunni’mah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Rita Pramujiyanti Khotimah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2740

Keywords:

Literasi, Matematika, Peluang

Abstract

Literasi matematika sebagai keahlian siswa dalam melakukan interpretasi serta membuat rumusan permasalahan matematika dalam berbagai konteks. Siswa-siswi Indonesia dalam mencapai literasi matematika masih dikatakan rendah, hal tersebut didasarkan pada data asesmen PISA yang diperoleh setiap periodenya. Di SMK Batik 2 Surakarta, peneliti ingin meneliti kemampuan siswa dalam menyelesaikan situasi peluang secara matematis. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan siswa kelas XII OTKP SMK Batik 2 Surakarta dengan tingkat literasi matematika tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik wawancara saat melakukan validasi soal ujian. Reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan merupakan bagian dari analisis teknis yang dilakukan setelah pengumpulan data. Berdasarkan temuan penelitian, Siswa dengan tingkat literasi tinggi mampu memahami kelima indikator kemampuan literasi matematika pada soal pertama dan kedua, tetapi hanya tiga indikator pada soal ketiga. Siswa dengan tingkat kemampuan literasi matematis sedang mampu memahami kelima indikator pada soal pertama, tetapi hanya satu indikator pada soal kedua dan tiga indikator pada soal ketiga. Siswa dengan kemampuan literasi matematis rendah hanya mampu menguasai dua indikator pada soal kedua meskipun menguasai tiga indikator pada soal pertama dan ketiga.

References

Aminah, S., Dwidayati, N.K., M. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Kreativitas Melalui Pendekatan Open Ended Problems (OEP). 2, 51–57.

Echazarra, A., & Radinger, T. (2019). Learning in rural schools: Insights from PISA, TALIS and the literature. OECD Education Working Papers, 196, 1–78. https://search.proquest.com/docview/2228689477?accountid=27428

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Hardini, R. M., Prahmana, R. C. I., Akib, I., & Shahrill, M. (2021). Learning Social Arithmetic of Low-Ability Student through the Context of Snacks and Money. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(1), 21–33. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i1.14308

Intan, N., Ismaimuza, D., & Pathuddin. (2020). Profil kemampuan literasi matematis siswa kelas XI IPA2 pada materi program linear. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 7(3), 209–223. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/529

Komarudin. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking Dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, VIII(2), 107–115.

Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. P. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5563

Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of mathematical literacy skills and mathematics self-efficacy of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

Nilasari, N. T., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Elemen, 5(2), 206. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1342

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.789

Nurhudawati, & Caswita. (2022). Analisis Literasi Matematika Materi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas 7 Smpn N 1 Sekincau, Lampung Barat. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 286–300.

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. https://doi.org/10.1787/13c8a22c-en

Puspitasari, A. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Digital Repository Universtas Jember, 3(3), 69–70.

Rahmawati, W. A., Usodo, B., & Fitriana, D. L. (2021). Mathematical Literacy Skills Students of the Junior High School in Solving PISA-Like Mathematical Problems. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1808(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1808/1/012045

Rifai, R., & Wutsqa, D. U. (2017). Mathematical Literacy of State Junior Secondary School Students in Bantul Regency. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 152–162. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms

Ruchayati, S. (2021). Penggunaan Alat Peraga Mistar Bilangan Dengan Metode Peragaan Untuk Menanamkan Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Tuko Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Sejarah, Dan Humaniora, 5(4), 123–130.

Sari, Y. M., & Valentino, E. (2017). An Analysis of Students Error In Solving PISA 2012 And Its Scaffolding. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(2), 90–98. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i2.3380

Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948

Sriningsih, N. N., Sarjana, K., Hayati, L., & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model PISA. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 96–104. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.134

Stacey, K., & Turner, R. (2015). Assessing Mathematical Literacy. Assessing Mathematical Literacy. https://doi.org/10.1007/978-3-319-10121-7

Sumardi, S., & Aslami, W. N. (2022). Analisis Tingkat Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1453. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4951

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8796

Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569

Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38

Yanisa, S. Y., Sujiarto, H., & Hakim, L. L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP Berdasarkan Self-Efficacy melalui Strategi Brain Based Learning. Prisma, 11(2), 526. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2500

Zulkarnain, I., Hidayanto, T., & Kamaliyah. (2021). Students mathematical literacy in solving wetlands contextual problems. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012044

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check