Kreativitas Guru Matematika Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Di SMP Swasta Imelda

Authors

  • Desi Yanti Munthe Universitas Labuhanbatu
  • Indah Fitria Rahma Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2802

Keywords:

Wordwall, Media Pembelajaran, Matematika, Kreativitas Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru matematika dalam menggunakan Wordwall sebagai platform pembelajaran digital untuk pembelajaran matematika di SMP Swasta Imelda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMP Swasta Imelda menunjukkan kreativitas dalam menggunakan Wordwall sebagai media pembelajaran matematika, membuat berbagai permainan dan latihan interaktif untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, guru juga menggunakan Wordwall untuk membuat kuis, teka-teki, dan aktivitas lain yang meningkatkan motivasi siswa. Kajian ini berkontribusi dalam pengembangan media pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif, memberikan inspirasi bagi guru lain, serta dapat dijadikan acuan bagi sekolah dan pemerintah dalam menyusun kebijakan dan strategi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan matematika.

References

A, S. (2018). Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Manusia melalui Media Gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i2.1082

Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618

Alfiah, Wuryandini, E., & Sulanjari, B. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA JAWA SMP KOTA SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI MASA PANDEMI. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 98–107. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/2246

Andari, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN FISIKA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/ORBITA.V6I1.2069

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Dewi, R. M., Sholikhah, N., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2020). Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6791

Handayani*, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033

Iryanto, N. D. (2021). Kreativitas Guru Matematika dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall pada Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/index

Khairunisa, Y. (2021). PEMANFAATAN FITUR GAMIFIKASI DARING MAZE CHASE–WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATA KULIAH STATISTIKA DAN PROBABILITAS. MEDIASI, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Maharani, A., Krisdianto hadiprasetyo, & Exacta, A. P. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SELAMA MASA DARURAT COVID-19 PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.182

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Oka Irmade. (n.d.). Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Goole Books. Retrieved April 8, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=sPacEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Kreativitas+Guru+Dalam+Menggunakan+Wordwall+Sebagai+Media+Pembelajaran+Matematika+Di+SMP&ots=8xyqsOpoGi&sig=qIHYt9s7J4qUcPS-VSh-VxGfLr4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Savitri, A. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Di Perguruan Tinggi. ISoLEC Proceedings, 5(1), 159–166. http://isolec.um.ac.id/proceeding/index.php/issn/article/view/95

Serly, A. (2022). Pengembangan game interaktif wordwall pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi thaharah di smpn purwodadi. Jurnal Pendidikan Matematik, 3(2), 42–58. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4265

Sholeh, M., Hamzah, A., Basuki, U. J., & Susanto, F. G. P. (2022). Pengembangan Soal Evaluasi Berbasis Game dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(2), 114–124. https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.108

Suwandi, T. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI SMK AKP GALANG. Repository.Uisu.Ac.Id. Retrieved April 8, 2023, from https://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2040

Suwandi, T. H., Syahlan, S., & Rambe, I. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 440–450. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.793

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Taufiq, M., Savitri, E. N., Pamelasari, S. D., & ... (2022). Analisis Kesiapan Guru Pada Penerapan Stem Education Berbantuan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri 3 …. Proceeding Seminar …, 239–244. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/1358

Ulya, M. (2021). PENGGUNAAN EDUCANDY DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles