Kreativitas Guru Matematika Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Di SMP Swasta Imelda
DOI:
https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2802Kata Kunci:
Wordwall, Media Pembelajaran, Matematika, Kreativitas GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas guru matematika dalam menggunakan Wordwall sebagai platform pembelajaran digital untuk pembelajaran matematika di SMP Swasta Imelda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SMP Swasta Imelda menunjukkan kreativitas dalam menggunakan Wordwall sebagai media pembelajaran matematika, membuat berbagai permainan dan latihan interaktif untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman konsep matematika siswa. Selain itu, guru juga menggunakan Wordwall untuk membuat kuis, teka-teki, dan aktivitas lain yang meningkatkan motivasi siswa. Kajian ini berkontribusi dalam pengembangan media pembelajaran matematika yang inovatif dan kreatif, memberikan inspirasi bagi guru lain, serta dapat dijadikan acuan bagi sekolah dan pemerintah dalam menyusun kebijakan dan strategi pemanfaatan teknologi dalam pendidikan matematika.
Referensi
A, S. (2018). Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan pada Manusia melalui Media Gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(2), 143. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i2.1082
Ahmad Zaki, D. Y. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
Alfiah, Wuryandini, E., & Sulanjari, B. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA JAWA SMP KOTA SEMARANG DALAM PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI MASA PANDEMI. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 98–107. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snhp/article/view/2246
Andari, R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN FISIKA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. https://doi.org/10.31764/ORBITA.V6I1.2069
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Dewi, R. M., Sholikhah, N., Ghofur, M. A., & Soejoto, A. (2020). Pelatihan Game Edukasi Android Berbasis HOTS Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6791
Handayani*, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
Iryanto, N. D. (2021). Kreativitas Guru Matematika dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall pada Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/index
Khairunisa, Y. (2021). PEMANFAATAN FITUR GAMIFIKASI DARING MAZE CHASE–WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL MATA KULIAH STATISTIKA DAN PROBABILITAS. MEDIASI, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254
Maharani, A., Krisdianto hadiprasetyo, & Exacta, A. P. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SELAMA MASA DARURAT COVID-19 PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.182
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Oka Irmade. (n.d.). Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Goole Books. Retrieved April 8, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=sPacEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Kreativitas+Guru+Dalam+Menggunakan+Wordwall+Sebagai+Media+Pembelajaran+Matematika+Di+SMP&ots=8xyqsOpoGi&sig=qIHYt9s7J4qUcPS-VSh-VxGfLr4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Savitri, A. (2021). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Sebagai Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Di Perguruan Tinggi. ISoLEC Proceedings, 5(1), 159–166. http://isolec.um.ac.id/proceeding/index.php/issn/article/view/95
Serly, A. (2022). Pengembangan game interaktif wordwall pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi thaharah di smpn purwodadi. Jurnal Pendidikan Matematik, 3(2), 42–58. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4265
Sholeh, M., Hamzah, A., Basuki, U. J., & Susanto, F. G. P. (2022). Pengembangan Soal Evaluasi Berbasis Game dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(2), 114–124. https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.108
Suwandi, T. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DI SMK AKP GALANG. Repository.Uisu.Ac.Id. Retrieved April 8, 2023, from https://repository.uisu.ac.id/handle/123456789/2040
Suwandi, T. H., Syahlan, S., & Rambe, I. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 440–450. https://doi.org/10.31537/laplace.v5i2.793
Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Taufiq, M., Savitri, E. N., Pamelasari, S. D., & ... (2022). Analisis Kesiapan Guru Pada Penerapan Stem Education Berbantuan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Di Smp Negeri 3 …. Proceeding Seminar …, 239–244. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/1358
Ulya, M. (2021). PENGGUNAAN EDUCANDY DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55. https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Please find the rights and licenses in Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika. By submitting the article/manuscript, the author(s) accept this policy.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
2. Author's Warranties
The author warrants that the article is original, written by a stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika's spirit is to disseminate articles published for free. Under the Creative Commons license, Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika when distributing works in the journal.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in one's future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for one's purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal (Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika).
5. Co-Authorship
If other authors jointly prepared the article, any author submitting the manuscript warrants that all co-authors have authorized them to agree on this copyright and license notice (agreement) on their behalf and agree to inform their co-authors of the terms of this policy. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will not be held liable for anything arising from the author(s) internal dispute. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
This agreement entitles the author to no royalties or other fees. To such an extent that it is legally permissible, the author waives their right to collect royalties relative to the article regarding any use by Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika.
7. Miscellaneous
Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika will publish the article (or have it published) in the journal if the editorial process is completed. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika h editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing, and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published to be publicly accessible, and such access will be free of charge for the readers, as mentioned in point 3.