PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATEMATIKA (MONOTIKA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ryan Angga Pratama, Rudy Ananta, Suci Yuniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Monopoli Matematika (MONOTIKA) terhadap hasil belajar matematika materi Prisma dan Limas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Balikpapan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen.. Desain dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018. Teknik penarikan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 37 siswa dan VIII-I sebagai kelas kontrol dengan jumlah 37 siswa. Dalam pelaksanaannya, kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran MONOTIKA, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran langsung. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test yang menunjukan bahwa nilai  atau , yang berarti  ditolak. Hal ini dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media MONOTIKA lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran langsung pada kelas VIII SMP Negeri 7 Balikpapan tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Matematika, Monopoli Matematika (MONOTIKA), Hasil Belajar


Keywords


Monopoli Matematika (MONOTIKA); Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., Sari, S. A., & Rusman. (2017). Pengembangan Media Chemopoly Game Struktur Atom untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) , 2 (1), 73-82.

Ananta, R., Pratama, R. A., & Yuniarti, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Monopoli Matematika (MONOTIKA) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Balikpapan: Universitas Balikpapan.

Arifin, E. G., Akhdinirwanto, W., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Penggunaan Permainan Monopoli Fisika Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Radiasi , 4 (1), 81-85.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ayu, S., Khuzaemah, E., & Lesmanawati, I. R. (2015). Penerapan Media Monopoly Games Smart (MGS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas VII MTs Al-Wahdah. SCIENTIAE EDUCATIA: Jurnal Pendidikan Sains , 4 (2).

Budiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Davidi, E. I. (2018). Permainan Monopoli Berbasis Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio , 10 (1), 59-69.

Dina. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Media Politik (Monopoli Matematika) Pada Matematika Materi Pengukuran Berat Di MIN Manisrejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Review Pendidikan Islam , 1 (2), 195-204.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herawati. (2016). Penerapan Permainan Monopoli Bintang Cerdas Dalam Materi Ajar Sistem Pemerintahan Indonesia. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah , 6 (5), 1-7.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Purwanto, & Annisa, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan , 2 (2), 34-39.

Puspitasari, & Hardini. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Rahaju, & Rudi, S. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Monopoli Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 130-139.

Rusuli, I. (2014). Refleksi Teori Belajar Behavioristik dalam Perspektif Islam. Jurnal Pencerahan , 38-54.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alvabeta.

Ulfaeni, S., Wakhyudin, H., & Saputra, H. J. (2017). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA. Profesi Pendidikan Dasar , 4 (2), 136-144.

Utami, R. D., Cahyono, B. E., & Wicaksana, M. F. (2015). Penggunaan Media Monopoli Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Membaca Komprehensif Pada Siswa SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Widyabastra , 3 (1), 33-41.

Vikagustika, D., Sudarmin, & Pamelasari, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal , 3 (2), 468-4752014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i1.291

Article metrics

Abstract views : 104 | views : 23


Copyright (c) 2019 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats