Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data di SMPN 2 Depok

Authors

  • Mutia Ulfa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta http://orcid.org/0000-0001-5966-1354
  • Latifatul Izzah
  • Izza Umniatul Arifah
  • Siti Zahratul Kamilati
  • Muhammad Rosyid Ridho
  • Sintha Sih Dewanti

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.2957

Keywords:

Analisis, Kemampuan komunikasi matematis, penyajian data

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi yang dimiliki siswa SMPN 2 Depok saat menyampaikan materi matematika. Analisis data berdasarkan hasil tes dengan menggunakan alat penilaian kemampuan komunikasi matematis digunakan dalam metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas VII SMPN 2 Depok. Berdasarkan temuan penelitian, siswa kelas VII SMPN 2 Depok menunjukkan kemampuan komunikasi matematika yang sangat baik. Tiga dari empat ukuran kemampuan komunikasi matematis ditentukan telah memenuhi atau melampaui harapan berdasarkan masing-masing dari empat indikator. Indikator yang kurang tercapai ada pada indikator yang keempat yaitu menguraikan dan membuat pertanyaan kembali tentang matematika yang sudah dipelajari.

Author Biography

Mutia Ulfa, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Seorang dosen yang bergelar doktor program studi pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan universitas islam negeri sunan kalijaga yogyakarta

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis kualitatif kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran matematika realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 89–95. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471

Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Andini, S. F., & Marlina, R. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 343-354.https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25p

Asnawati, S. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa smp dengan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments. Euclid, 3(2).

Bambang, S. (2015). Pengembangan modul matematika dengan strategi problem solving untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121-30. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Hasina, A. N., Rohaeti, E. . E., & Maya, R. (2020). Analisis kemampuan komunikasi siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. 3(5), 575–586. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.575-586

Hendriana, H. Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skill dan soft skill matematika siswa. bandung: pt. refika aditama.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Sels efficacy dan kemampuan matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Herawaty, D. (2019). The mathematics communication of student in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Khadijah I.N.A., Rippi M,& Wahyu S (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik smp pada materi statistika. jurnal pembelajaran matematika inovatif. 1 (6), 1095-1104.

Khaulah, Siti (2016). Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan student facilitator and explaining pada materi statistik di kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. Jurnal Pendidikan Almuslim. 4(1), 38-43.

Marniati, Jahring, & Jumriani. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam memecahkan masalah berdasarkan motivasi belajar siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/1jpm/v10i2.3523

Maryati I & Nanang P (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi statistis. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. 6(2), 173-179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusu, 4(2), 1526–1539. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.618

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704–709.

Putri, N. D. (2020). Analysis of students initial mathematical communicaton skills in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012064

Rini, R. H. A., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self confident siswa MTs. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 34–43.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263–274. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.608

Rohman A.A (2017). Analisis Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(2), 7–20. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v5i2.536

Romberg, T. A., & Chair. (1993). Curriculum and Evaluation Standards for School Matehamtics. NCTM.

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-concept. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Septiana, A. C. (2019). Mathematics communications skill of student in senior high school on introvert. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012106

Shodiqin, A., & Waluya, S. . (2020). Mathematics comunication ability in statistica materials based on reflective cognitive style. Journal of Physics: Conference Series, 15511(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1511/1/012090

Siregar, E. R., & Mardiati. (2020). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi matriks kelas XI SMK Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 19–25. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.263

Siswanto. (2019). Evaluasi program pendidikan islam. Jurnal Paramurobi, 2(1).

Siti Aminah, Wijaya, T. T., Yusoriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan indonesia. J Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti, M., Kurnia, H. I., Nufauziah, P., & Hendriana, H. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari self-concept. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 923–932. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2751

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 57 – 71. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2031

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yuliana, Y. (2020). Analisis keefektivitasan pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemic corona (covid-19). Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i,7(10), 875-894. DOI: 10.15408/sjsbs.v7i10.17371

Yulianda, Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan simulasi pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Skripsi.

Zulkarnain, I. (2021). Mathematical communication skills of students in mathematics learning using discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1760(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012045

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles