Systematic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Model Pembelajarannya di Satuan Pendidikan

Authors

  • Aziz Muhtasyam Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Novaliyosi Novaliyosi

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.2995

Keywords:

SLR, Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa pada pembelajaran saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga tidak membuat siswa jenuh di dalam kelas. Penelitian ini mengkaji secara literatur dengan menggunakan metode systematic literature review terkait bagaimana hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan model-model pembelajaran inovatif. Kriteria literatur yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa artikel jurnal yang terindeks Sinta atau Google Scholar dengan tahun publikasi antara 2013 hingga 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi, mengkaji, serta membuat kesimpulan literatur yang relevan dengan model pembelajaran apa yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan model pembelajaran apa yang paling sering digunakan pada pembelajaran yang menitik beratkan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan dilakukannya penelitian ini dapat memberikan informasi terkait bagaimana hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajarannya serta membuka peluang untuk penelitian terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

References

Agustiana, E., & Ganda Putra, F. (2018). Desimal: Jurnal Matematika Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(1), 1–6. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 717–727. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.263

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Santri Syafri, F. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. In Academic Journal of Math (Vol. 02, Issue 02). http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic/index

Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762

Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5.i2.11995

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Gunawan, R. G., & Putra, A. (2019). PENGARUH STRATEGI BELAJAR AKTIF SORTIR KARTU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika P-ISSN, 03(02), 362–370.

Imam, I., Ayubi, A., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., Barat, I., & Com, H. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Kurniawan Rangkuti, R., Azhar Ritonga, W., & Idris Ritonga, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (Vol. 01, Issue 01). Pendidikan Matematika.

Maesari, C., & Marta, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. In JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education JOURNAL ON TEACHER EDUCATION 1 NOMOR 1 TAHUN (Vol. 1).

Mardaleni, D., & Nurdin, N. * E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 1, Issue Desember).

Md Arta, I., N Japa, I. G., & Sudarma, I. K. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Icebreaker Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 8(2), 264–273.

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEYAKINAN MATEMATIS SISWA. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12

Nahdi, D. S. (2018). EKSPERIMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA. In Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 4).

Nasution, S. R., & Mujib, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 6(2), 40–48.

Ningsih, F. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII MTSN KABUPATEN KERINCI. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 351–362.

Novianti, E., Yuanita, P., & Maimunah. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMAR), 1(1), 65–73.

Nurhasanah, D. E., Kania, N., & Sunendar, A. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMP. In Jurnal Didactical Mathematics (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644

Rahmani, W., & Widyasari, N. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MEDIA TANGRAM.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9–18. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326

Safithri, R., Huda, N., Studi Pendidikan Matematika, P., Pascasarjana, F., Jambi Jl Raden Mattaher No, U., & Jambi, K. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa.

Septian, A., & Aulia, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing Berbantuan Edmodo (Vol. 10, Issue 2). https://jurnal.unsur.ac.id/prisma

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH [IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND PROBLEM SOLVING ABILITIES THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331

Sri Elita, G., Habibi, M., Putra, A., Nelpita Ulandari, dan, Studi Pendidikan Matematika, P., Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Pelita, I. I., Penuh, S., Gedang, S., Kunci, K., Pemecahan Masalah Matematis, K., Metakognisi, P., & Based Learning, P. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis The Effect of Problem Based Learning with Metacognition Approaches on Mathematical Problem Solving Skill. 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Yuhani, A., Sylviana Zanthy, L., Hendriana, H., Siliwangi Bandung, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.445-452

Downloads

Published

2023-12-15

Issue

Section

Articles

Citation Check