Analisis Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEM dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3308

Keywords:

PBL, Pemahaman Konsep, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika melalui penerapan pendekatan pembelajaran STEM dengan model  berbasis PBL pada materi SPLDV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen. Populasi siswa dalam penelitian ini berjumlah 92 orang, tersebar di dalam 3 kelas, dengan 2 kelas (VIII A dan VIII C) dipilih sebagai sampel menggunakan metode acak kelas. Teknik pengumpulan data melibatkan tes dan observasi, dengan instrumen penelitian berupa tes pendahuluan dan tes akhir untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika serta lembar observasi untuk menilai aktivitas belajar siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pendekatan Pembelajaran  STEM berbasis PBL memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Sebaliknya, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Selain itu, tidak ditemukan interaksi yang signifikan antara model Pendekatan Pembelajaran  STEM berbasis PBL dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dari struktur kognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika

Author Biography

Anies Fuady, Universitas Islam Malang

Academic Profile :

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ssCheK0AAAAJ

Sinta Author Profile : http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail/?id=6157499&view=overview

References

Abdurrahman. (2019). Developing STEM Learning for Fostering Student’s 21st Century Skills in the Fourth Industrial Revolution Era. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012002

Abrahamson, D., & Trninic, D. (2015). Bringing forth mathematical concepts: signifying sensorimotor enactment in fields of promoted action. ZDM Mathematics Education, 47(2), 295–306. https://doi.org/10.1007/s11858-014-0620-0

Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(1), 33–39. https://doi.org/10.21580/JEC.2020.2.1.5434

Beta Sari Dewi Napitupulu, Yatha Yuni, & Rifa Atiyyah. (2020). Hubungan Kepercayaan Diri (Self Confidence) dengan Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminal Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 2018, 209–214.

Faoziyah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2018). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021, 1(1), 198–206. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/688

Hariyanto, A., Sugiharti, E., & Arifudin, R. (2019). Aplikasi Mobile Sistem Informasi Akademik Labschool. Unnes Journal of Mathematics, 8(1), 130–141. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/13915%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm/article/view/13915/13505

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA Pendidikan Matematika , Universitas Musamus , Merauke , Indonesia Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas Musamus , Merauke , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Memahami konsep materi merupakan dasar b. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252–261.

Muhammad Santoso, A., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123

Muliati. (2016). No ????????????????????? ?????????????????Title. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Munadifah, S. N., Mustangin, & Fauzy, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(33), 151–159. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8400/6986

Novianti, R. E., Andari, T., & Susanti, V. D. (2020). Efektivitas Model PBL Berbasis STEM Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Berpikir Kritis Matematis Pada Peserta Didik Kelas XI SMA. Universitas PgRI madiun, 1–6.

Permanasari, A. (2016). STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober 2016, 23–34.

Prameswari, E., Zamzaili, Z., Hanifah, H., & Haji, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 858–871. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.348

RACHMAWATI, W. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran Stad untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Koperasi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Sarosa, M., Chalim, A., Suhari, S., Sari, Z., & Hakim, H. B. (2019). Developing augmented reality based application for character education using unity with Vuforia SDK. Journal of Physics: Conference Series, 1375(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1375/1/012035

Sudarisman, S. (2013). Implementasi pendekatan kontekstual dengan variasi metode berbasis masalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2506

Sulistiyono, E., Pangestu, W. T., Rias, P., Pendidikan, W., Sekolah, G., Stkip, D., & Ngawi, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Ejournal.Unma.Ac.Id, 7(3), 791–795. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1207

Susanti, L. Y. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma/ Smk Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(2), 32. https://doi.org/10.26714/jps.6.2.2018.32-40

Sutomo, W. A. B., & Sutira, S. (2019). … Pemahaman Konsep Matematika Berdasar Taksonomi SOLO (Structure Of Observed Learning Outcomes) Pada Soal Materi Himpunan di SMP N 2 …. Prosiding sesiomadika, 1203–1208.

Thahir, A., Anwar, C., Saregar, A., Choiriah, L., Susanti, F., & Pricilia, A. (2020). The Effectiveness of STEM Learning: Scientific Attitudes and Students’ Conceptual Understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012008

Ulfa. (2019). Strategi Preview, Question, Read, Reflect. 1(1), 48–55.

Wicaksono, B. D., & Prihatnani, E. (2019). Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–82. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.406

Wijaya, C., Nasution, T., Al Qadri, M., Fuadi, A., & Anwar, K. (2021). Persepsi Guru RA Ali Mahfudz tentang Kebijakan Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 738–751. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1551

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbasis Moodle Terhadap Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2504

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles

Citation Check