PERAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Azzuhro Azzuhro Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yahfizham Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i2.3319

Keywords:

Geogebra, Pembelajaran, Matematika, Society 5.0

Abstract

Ada keterkaitan antara dunia pendidikan dengan era Society 5.0, yang terpenting adalah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dampak era Society 5.0 salah satunya adalah terhadap pembelajaran matematika, karena hal ini berdampak pada perkembangan bidang pendidikan secara umum, baik itu guru, metode pembelajaran, pola pikir pembelajaran, maupun media pembelajaran itu sendiri. Saat ini pembelajaran matematika tidak lagi dilakukan secara manual seperti menghitung dengan tangan atau menggunakan alat manual yang digunakan untuk menghitung.  Namun teknologi berkembang sangat pesat dengan tujuan untuk membuat penyelesaian masalah matematika menjadi lebih mudah dan cepat. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang peran suatu perangkat lunak yaitu perangkat lunak Geogebra dalam membantu siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran aplikasi Geogebra dalam membantu siswa memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Geogebra sangat bermanfaat bagi siswa dalam permasalahan matematika khususnya dalam menentukan besar sudut pusat dan keliling suatu lingkaran.

References

Ansar, A., Sulawesi Barat Alamat, U., Baharuddin Lopa, J., & Majene Korespondensi, K. (2020). Pelatihan Geogebra Pada Materi Bangun Datar bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Kec. Wonomulyo. In Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (Vol. 2, Issue 1). www.geogebra.com.

Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve student mathematical reasoning ability with open-ended approach using VBA for powerpoint. AIP Conference Proceedings, 2014. https://doi.org/10.1063/1.5054417

Chronika Saida Manalu, A., & Sylviana Zanthy, L. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN. 04(01), 104–112.

Fia, N., Fitria, N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Neng, 08.

Fitria, R. U., El Walida, S., & Hasana, S. N. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO DAN POWERPOINT PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP/MTS (Vol. 16, Issue 32).

INDUSTRY4.0vsSOCIETY5.0. (n.d.).

Istiqlal, M. (n.d.). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Lestari, S. (2018). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. 2(2). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Muhammad, M., & Akhsani, L. (2018). Pelatihan Software Geogebra dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman pada Materii Segiempat di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. The 8 Th University Research Colloquium 2, 335–341.

Najoan, S., & Mendey, J. (2011). Transformasi sebagai Strategi Desain. Media Matrasain, 78(2), 117–130.

Permatasari, S. E., Zalfa Nadhira, M., & Sudaryanto, &. (n.d.). Problematika Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Digital di SMA Negeri 1 Gamping.

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).

Rachmatullahi, R., Kusmaharti, D., Pramulia, P., Subandowo, M., & Susiloningsih, W. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sederhana: PPM bagi Guru SDN Sumur Welut III/440 Surabaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(11), 58–65.

Rahmawati, C. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GEOGEBRA DAN MICROSOFT MATHEMATIC DI LA ROYBA ISLAMIC SCHOOL.

Rasyid, A. L. A., G, A. L. N., & Irsan, I. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Abdidas, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i1.546

Safitri, S. R., & Budhi, W. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (THE INFLUENCE OF INQUIRY LEARNING MODEL ON RESULT LEARNING IPA BE REVIEWED FROM STUDENT LEARNING INDEPENDENCE).

Safriyanti, S., & Yahfizham, Y. (2023). Ethnomathematics Exploration of Museum Gedung Arca (State Museum of North Sumatra). Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 29–47. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.358

Saifudin Zuhri, M., Chusniyah, T., & Muslihati. (2023). Buku Digital untuk Pembelajaran di Era Society 5.0. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 95–105. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25674

Setiawati, S. A., Karlina Rachmawati, T., Sugilar, H., Komala, C., Matematika, P. P., Gunung, S., Bandung, D., Soekarno, J., Cimencrang, H., Bandung, K., Assaul, M., Cikembar, I., Cagak, S. J., Cikembar, C., & Sukabumi, K. (2022). Conferences Series Learning Class Peran Teknologi dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika yang Optimal The Role of Technology in Increasing Optimal Mathematics Learning. Gunung Djati Conference Series, 17. https://conferences.uinsgd.ac.id/

Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., & Naibaho, T. (n.d.). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi.

Yanuarti, M., & Gandung Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, M. (n.d.). TRIDHARMA MANAJEMEN Transformasi Digital untuk Financial Services Menuju Era Society 5.0.

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII MTS Negeri Sungai Tonang. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16.

Additional Files

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles