Analisis Keterampilan Metakognisi Dalam Memecahkan Masalah Materi Aljabar Siswa Kelas VII

Authors

  • regina sintia Universitas Tadulako, Indonesia
  • Muhammad Rizal
  • I Nyoman Murdiana
  • Dasa Ismaimuza

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3405

Abstract

Permasalahan terhadap kurangnya keterampilan metakognisi siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi aljabar diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan memberikan soal operasi bentuk aljabar kepada siswa kelas VII SMPN 1 Palu. Berdasarkan hasil observasi diperoleh kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kurangnya keterampilan metakognisi siswa ketika memecahkan masalah pada materi aljabar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi keterampilan metakognisi dalam memecahkan masalah materi aljabar siswa kelas VII SMPN 1. Palu. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi menyadari menggunakan perencanaan, pemantauan dan evaluasi dalam setiap tahapan pemecahkan masalah matematika, (2) siswa yang berkemampuan matematika sedang menyadari dalam menggunakan perencanaan, pemantauan dan evaluasi dalam tiga tahapan pemecahkan masalah matematika tetapi pada tahapan memeriksa kembali hasil siswa yang berkemampuan matematika sedang belum menyadari dalam menggunakan evaluasi, (3) Keterampilan metakognisi siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah materi aljabar belum menyadari dalam menggunakan perencanaan, pemantauan dan evaluasi dalam setiap tahapan pemecahkan masalah matematika.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 - Suharsimi Arikunto. In Pt. Bumi Aksara.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34. https://www.neliti.com/id/publications/144859

Ermin, E. (2021). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 56–60.

https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.25

Hidayah, N., & Nabila, N. (2022). Analisis Kemampuan Metakognisi Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1), 57–65. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/317

Muliawati, N. E. (2017). Profil Metakognisi Siswa Field-Independent Dan Field-Dependent Dalam Memecahkan Masalah Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 3(1), 79. https://doi.org/10.29100/jp2m.v3i1.293

Polya, G. (1973). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

Rizqiani, S. A., & Hayuhantika, D. (2020). Analisis metakognisi dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 26.

https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1734

Safitri, P. T., Yasintasari, E., Putri, S. A., & Hasanah, U. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Model PISA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 11. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.941

Sihotang, D., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di Kelas Xi Smk Negeri 1 Sosorgadong. Mathematic Education Journal)MathEdu, 4(1), 10–17. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2198

Wibowo, T. E., & Faizah, S. (2021). Pengembangan Soal Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 145–158. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i2.145-158

Downloads

Published

2024-06-01

Citation Check