PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

SRI YULIANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk Kecamatan Tanjung Lubuk kabupaten Ogan Komering Ilir.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan metode purposive random sampling. Dari 6 kelas yang ada dipilih 2 kelas secara random, sebagai kolompok kontrol dan eksperimen. Data diambil dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Ada perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi secara signifikan antara siswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual dan yang belajar dengan pendekatan konvensional, sehingga pendekatan kontekstual dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika di kelas.

Keywords


CTL, penalaran, komunikasi matematika

Full Text:

PDF

References


Hadi, N. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen, Didasmen, Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.

Muzayanah, Ulfa, H. (2005). Strategi Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)/ Kurikulum Nasional 2004 (Makalah KKG MI Kec. Soko).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Sevilla, G, C. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i1.342

Article metrics

Abstract views : 172 | views : 33


Copyright (c) 2019 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats