PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Penulis

  • SRI YULIANTI Universitas Islam Ogan Komering Ilir (UNISKI) Kayuagung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i1.342

Kata Kunci:

CTL, penalaran, komunikasi matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk Kecamatan Tanjung Lubuk kabupaten Ogan Komering Ilir.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk tahun ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan metode purposive random sampling. Dari 6 kelas yang ada dipilih 2 kelas secara random, sebagai kolompok kontrol dan eksperimen. Data diambil dengan menggunakan tes. Data dianalisis dengan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Ada perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi secara signifikan antara siswa yang belajar dengan pendekatan kontekstual dan yang belajar dengan pendekatan konvensional, sehingga pendekatan kontekstual dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika di kelas.

Referensi

Hadi, N. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen, Didasmen, Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.

Muzayanah, Ulfa, H. (2005). Strategi Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)/ Kurikulum Nasional 2004 (Makalah KKG MI Kec. Soko).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Sevilla, G, C. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI-Press.

Diterbitkan

2019-06-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check