Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan STEAM Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Robi Agape Barus Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Afifaturrizka Syafitri
  • Monalisa Sinaga
  • Cindi Safitra Saragih
  • Dessy Haqiki Wulandari
  • Hasratuddin

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3426

Keywords:

Pendekatan STEAM, Peningkatan, Pemahaman Konsep Pecahan

Abstract

Kajian ini bermaksud memaparkan peningkatan dari diterapkannya pendekatan STEAM terhadap pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV sekolah dasar. Kajian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang diadaptasi dari model Kemmis dan Taggart dan dilakukan di SD Negeri 054906 Tebasan Lama dengan siswa kelas IV sebagai subyek kajian dengan jumlah 30 siswa. Dengan data yang didapat berasal dari observasi, wawancara dan angket pemahaman konsep matematika, lembar aktivitas guru dan siswa yang selanjutnya data tersebut dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Kajian ini dilakukan sebanyak II siklus dan tiap siklusnya terdapat tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil kajian memaparkan hasil pratindakan memiliki persentase sebesar 25% capaian rendah, tahap I mendapat persentase 65% capaian baik dan siklus II mendapat persentase sebesar 89% capaian sangat baik. Sehingga dikonklusikan dengan diterapkannya pendekatan STEAM dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV sekolah dasar.Kata Kunci: Pendekatan STEAM, Peningkatan, Pemahaman Konsep Pecahan

References

DAFTAR PUSTAKA

Adifta, E. D., Murni, A., & Roza, Y. (2022, February). Desain Perangkat Pembelajaran Daring Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan STEAM Materi Barisan dan Deret. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 98-105).

Alfarisa, F., Supriadi, S., Susilawati, S., Rahimah, A. D., & Yunia, Y. (2021, December). Pengembangan Instrumen Higher Order Thingking Skill Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 6, No. 1, pp. 279-290).

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222-232.

Fitria, K. N., Dwijanto, D., & Dewi, N. R. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Tinjauan Self-Esteem Model PBL dengan Pendekatan STEAM. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(2), 110-118.

Haidar, D. A., Prastiti, T. D., Novianti, I., Wahyuningrum, E., Dafik, D., & Ridlo, Z. R. (2023). Aktivitas Pembelajaran Rbl dengan Pendekatan STEAM Pemanfaatan Toples Kaca Bekas dalam Pengembangan Terarium dengan Konsep Keseimbangan Ekosistem Berbantuan Games Simulasi Untuk Meningkatkan Literasi Perubahan Iklim. Ebook CGANT Universitas Jember.

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 275-281.

Hidayati, S. N. (2022). The Effect PjBL Model Based on STEAM and TPACK with Pakan Penyu Media on Mathematics Learning Outcomes. Al Hikmah: Journal of Education, 3(2), 149-166.

Hikmatulfazriyah, S., Sunardin, S., & Unaenah, E. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pembelajaran Matematika dikelas IV SD Negeri Kampung Bayur Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 670-679.

Mu'minah, I. H. (2021, October). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan STEAM Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 584-594).

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41-50.

Oktaviani, V. A. (2020). Meningatkan Pemahaman Konsep Matematika dengan Pendekatan STEAM Berbasis Daring. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 139-149.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas : Deepublish.

Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & Susanti, S. (2020). Improving Students Critical Thinking through STEAM-PjBL Learning. Bioeducation Journal, 4(2), 94-102.

Putra, Z. H. (2020). Pembelajaran Interdisiplin di Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 5(1), 112-121.

Rahma, R., & Isralidin, I. (2022). Implementasi Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 1 Bireuen. JEMAS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(1), 33-37.

Ramadhana, S. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring dengan Model PjBL-STEAM pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. UIN Walisongo Semarang.

Sari, N. D., & Setiawan, J. (2020). Papan Gekola Sebagai Media Pembelajaran Matematika yang Inovatif dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 3(1), 31-41.

Sari, N. P. (2020, October). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis STEAM di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Sukardi, H. M. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangannya. Bumi Aksara.

Sulastri, S., & Cahyani, G. P. (2021). Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), 372-379.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152-161.

Yensy, N. A. (2022). Workshop Pembelajaran Matematika Berbasis STEAM bagi Guru SD Pondok Kelapa. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 133-145.

Downloads

Published

2024-03-31

Citation Check