PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF POLBIN BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Muhammad Adi Priyanto Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Sunismi Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Surahmat Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Anies Fuady Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3650

Keywords:

Media Interaktif, Canva, Pola Bilangan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media interaktif POLBIN berbasis Canva untuk siswa SMP, khususnya dalam pembelajaran pola bilangan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Penelitian dilakukan di MTs Manbaul Ulum Gresik dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan siswa dan guru, serta validasi ahli. Media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, yang memberikan skor 93%, dikategorikan sangat layak. Pada tahap implementasi, media diuji coba kepada siswa kelas VIII, yang memberikan skor 89%, juga dinilai sangat layak. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengolah hasil validasi dan respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media POLBIN berhasil meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi pola bilangan. Evaluasi dilakukan setelah implementasi untuk merevisi media jika diperlukan. Peneliti menyarankan pengembangan lebih lanjut agar media ini mencakup mata pelajaran lain dan dapat diakses melalui berbagai perangkat untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih luas.

 

ABSTRACT

This research aims to develop interactive POLBIN media based on Canva for junior high school students, specifically in learning number patterns. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research was conducted at MTs Manbaul Ulum Gresik with a population of 8th-grade students, and the sample was selected through purposive sampling. Data were collected through observation, interviews with students and teachers, and expert validation. POLBIN media was validated by material experts and media experts, who gave it a score of 93% and categorized it as highly feasible. During the implementation stage, this media was tested on 8th-grade students, who scored 89% and were rated as highly possible. Data analysis techniques used quantitative descriptive analysis to process the validation results and student responses. The results showed that the POLBIN media increased students' interest and understanding of number pattern material. The evaluation was conducted after implementation to revise the media if necessary. The researchers suggest further development to expand the media to cover other subjects and make it accessible through various devices to support a broader learning process.

 

References

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi Preliminary Product Fung-Cube pada Pembelajaran Fungi untuk Siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7364

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50–56. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahman, A., Ahmad, A., Naufal, A. Muh. F., & Fadhil, M. S. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 9725–9734.

Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.

Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(1), 32–39. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 745–752. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5314

Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajarank Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876

Miranda, J., Navarrete, C., Noguez, J., Molina-Espinosa, J.-M., Ramírez-Montoya, M.-S., Navarro-Tuch, S. A., Bustamante-Bello, M.-R., Rosas-Fernández, J.-B., & Molina, A. (2021). The Core Components of Education 4.0 in Higher Education: Three Case Studies in Engineering Education. Computers & Electrical Engineering, 93, 107278. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107278

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android melalui Aplikasi Quiziz pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 32, 280–296. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1359

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11268

Rachmadyanti, P., & Gunansyah, G. (2020). Pengembangan E-Book untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Lanjut bagi Mahasiswa PGSD UNESA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 83–93. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.39681

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rosni, R. (2021). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.29210/1202121176

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Siregar,T., Amir, A., & Adinda, A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan di SDN 327 Sinunukan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 96–107. https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9398

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check