PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF “POLBIN” BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP

Penulis

  • Muhammad Adi Priyanto Universitas Islam Malang , Indonesia
  • Sunismi Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Surahmat Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Anies Fuady Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3650

Kata Kunci:

Media Interaktif, Canva, Pola Bilangan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk media interaktif “POLBIN” berbasis Canva untuk siswa SMP. Lima fase model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi) digunakan dalam research and development (R&D) sebagai metodologi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Manbaul Ulum Gresik. Selama tahap analisis, studi literatur dilakukan dan informasi dikumpulkan melalui observasi dan wawancara siswa dan instruktur. Setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi, media yang dihasilkan mendapat penilaian 93% dari keduanya dengan klasifikasi sangat praktis. Siswa kelas VIII yang diberikan media selama tahap pelaksanaan, menjawab dengan skor 89% yang juga tergolong sangat layak. Setelah siswa menggunakan media, dilakukan evaluasi untuk revisi akhir jika ada permasalahan. Temuan penelitian menunjukkan seberapa baik media ini meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran pola bilangan. Peneliti mengusulkan agar dapat memberikan manfaat lebih dalam proses belajar mengajar, sebaiknya media ini diperluas hingga mencakup mata pelajaran tambahan dan dapat diakses melalui berbagai perangkat atau aplikasi.

Referensi

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Azizah, Z. F., Kusumaningtyas, A. A., Anugraheni, A. D., & Sari, D. P. (2018). Validasi Preliminary Product Fung-Cube pada Pembelajaran Fungi untuk Siswa SMA. Jurnal Bioedukatika, 6(1), 15–21. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7364

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50–56. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Dewi, A. C., Maulana, A. A., Nururrahman, A., Ahmad, A., Naufal, A. Muh. F., & Fadhil, M. S. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1), 9725–9734.

Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson.

Diana, P., & Jaya, P. (2021). Pengembangan Materi Ajar Dasar Listrik dan Elektronika Berbasis Canva di SMK Negeri 5 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 9(1), 32–39. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i1

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 745–752. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5314

Kamila, Z., & Kowiyah, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajarank Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663

Laksana, S. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Teknologi Pendidikan Abad 21. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(01), 14–22. https://doi.org/10.25217/jtep.v1i01.1289

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876

Miranda, J., Navarrete, C., Noguez, J., Molina-Espinosa, J.-M., Ramírez-Montoya, M.-S., Navarro-Tuch, S. A., Bustamante-Bello, M.-R., Rosas-Fernández, J.-B., & Molina, A. (2021). The Core Components of Education 4.0 in Higher Education: Three Case Studies in Engineering Education. Computers & Electrical Engineering, 93, 107278. https://doi.org/10.1016/j.compeleceng.2021.107278

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android melalui Aplikasi Quiziz pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 32, 280–296. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1359

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11268

Rachmadyanti, P., & Gunansyah, G. (2020). Pengembangan E-Book untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPS Lanjut bagi Mahasiswa PGSD UNESA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 83–93. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.39681

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178–185. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Rosni, R. (2021). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.29210/1202121176

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Siregar,T., Amir, A., & Adinda, A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan di SDN 327 Sinunukan. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 96–107. https://doi.org/10.32678/dedikasi.v16i2.9398

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Diterbitkan

2024-09-30

Citation Check