ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA BERDASARKAN METODE NEWMAN

Authors

  • Yudha Nugroho Universitas Tadulako, Indonesia
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako, Indonesia
  • Alfisyahra Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3736

Keywords:

Jenis Kesalahan, Ujian Akhir Semester, Metode Newman

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kesalahan yang dilakukan siswa XI IPA SMA Negeri 3 Poso dalam menyelesaikan soal ujian akhir semester matematika berdasarkan metode Newman. Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Poso banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Ujian Akhir Semester. Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa dari 33 siswa kelas XI IPA 1. Peneliti melakukan penelitian deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Jenis kesalahan pada materi barisan dan deret ialah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan kemampuan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir, 2) Jenis kesalahan pada materi limit ialah kesalahan kemampuan proses yang terjadi dan kesalahan penulisan jawaban akhir, dan 3) Jenis kesalahan pada materi turunan ialah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.

 

ABSTRACT

This research aims to describe the errors made by 11th-grade science students at SMA Negeri 3 Poso in solving final semester mathematics exam questions based on Newman's method. The 11th-grade science students at SMA Negeri 3 Poso made numerous errors in solving the final semester exam questions. The research subjects comprised 3 out of 33 students from class XI IPA 1. The researcher conducted a descriptive study using a qualitative approach. The results of this study show that: 1) the types of errors in the sequences and series material include errors in understanding the problem, transformation errors, processing skill errors, and errors in writing the final answer, 2) the types of errors in the limits material include processing skill errors and errors in writing the final answer, and 3) the types of errors in the derivatives material include errors in understanding the problem, transformation errors, processing skill errors, and errors in writing the final answer.

References

Babu, S. (2022). Mathematics Teaching at Various Levels in School: Practices and Problems. Aripex Indian Journal of Research, 11(8), 56–58. https://doi.org/10.36106/paripex/7904615

Chusnul, C. R., Mardiyana, S., & Retno, D. (2017). Errors Analysis of Problem Solving using the Newman Stage after Applying Cooperative Learning of TTW Type. Proc. 1913, 020028-1–020028-7. https://doi.org/https://ui.adsabs.harvard.edu/link_gateway/2017AIPC.1913b0028C/doi:10.1063/1.5016662

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5229

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU, 5(2), 41–51. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/198

Pico, O. A. G., Puruncaja, D. M. D., Loor, S. J. C., & Santillán, P. C. C. (2024). La Importancia de la Matemática para el Desarrollo del Pensamiento. Revista Científica de Innovación Educativa y Sociedad Actual “ALCON,” 4(2), 31–40. https://doi.org/10.62305/alcon.v4i2.97

Pico, O. A. G., Ramos, S. L. F., Cisneros, X. A. G., & Montaluis, D. (2021). La Influencia de la Matemática en el Desarrollo del Pensamiento. Revista Boletín Redipe, 10(7), 106–112. https://doi.org/10.36260/rbr.v10i7.1352

Rahmawati, A. (2017). Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.957

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26050

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program with NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Satiti, T. (2014). Analisis Dengan Prosedur Newman terhadap Kesalahan Peserta Didik Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 7(01), 1–14. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/LGR/article/view/1660/1416

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta: Bandung.

Tekaeni, I., Supandi, & Setyawati, R. D. (2020). Deskripsi Newman’s Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Institut Indonesia Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11., 2(1), 1–11. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/5758/3068

Wae, S., Arigiyati, T. A., & Ayuningtyas, A. D. (2020). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(311–318). https://scholar.archive.org/work/3q3dc6f63jehrfqjj6crpz5uhu/access/wayback/https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/download/8816/pdf

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check