ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 POSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 BERDASARKAN METODE NEWMAN

Penulis

  • Yudha Nugroho Universitas Tadulako, Indonesia
  • Muh. Rizal Universitas Tadulako, Indonesia
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako, Indonesia
  • Alfisyahra Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3736

Kata Kunci:

Jenis Kesalahan, Ujian Akhir Semester, Metode Newman

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kesalahan yang dilakukan siswa XI IPA SMA Negeri 3 Poso dalam menyelesaikan soal ujian akhir semester matematika berdasarkan metode Newman. Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Poso banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Ujian Akhir Semester. Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa dari 33 siswa kelas XI IPA 1. Peneliti melakukan penelitian deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis kesalahan pada materi barisan dan deret ialah kesalahan memahami masalah yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal, kesalahan transformasi yaitu siswa salah dalam menentukan rumus  pada barisan geometri, kesalahan kemampuan proses yaitu siswa salah dalam menentukan nilai  barisan geometri, dan kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu siswa tidak melanjutkan perhitungannya. (2) jenis kesalahan pada materi limit ialah kesalahan kemampuan proses yang terjadi adalah siswa tidak menuliskan sampai tahap akhir penyelesaian soal dan siswa tidak teliti dalam mensubtitusikan nilai x kedalam limit fungsi dan kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu siswa memperoleh jawaban tidak tepat. (3) jenis kesalahan pada materi turunan ialah kesalahan memahami masalah yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari soal, kesalahan transformasi yaitu siswa tidak mengetahui menurunkan fungsi aljabar sederhana  dan bentuk perkalian dua fungsi , kesalahan keterampilan proses yaitu siswa salah menurunkan fungsi turunan menjadi dan tidak menggunakan penjabaran turunan perkalian dua fungsi  dan kesalahan penulisan jawaban akhir yaitu siswa memperoleh kesimpulan jawaban tidak tepat.

Referensi

Babu, S. (2022). Mathematics Teaching at Various Levels in School: Practices and Problems. Aripex Indian Journal of Research, 11(8), 56–58. https://doi.org/10.36106/paripex/7904615

Chusnul, C. R., Mardiyana, S., & Retno, D. (2017). Errors Analysis of Problem Solving using the Newman Stage after Applying Cooperative Learning of TTW Type. Proc. 1913, 020028-1–020028-7. https://doi.org/https://ui.adsabs.harvard.edu/link_gateway/2017AIPC.1913b0028C/doi:10.1063/1.5016662

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.19184/kdma.v8i1.5229

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU, 5(2), 41–51. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/198

Pico, O. A. G., Puruncaja, D. M. D., Loor, S. J. C., & Santillán, P. C. C. (2024). La Importancia de la Matemática para el Desarrollo del Pensamiento. Revista Científica de Innovación Educativa y Sociedad Actual “ALCON,” 4(2), 31–40. https://doi.org/10.62305/alcon.v4i2.97

Pico, O. A. G., Ramos, S. L. F., Cisneros, X. A. G., & Montaluis, D. (2021). La Influencia de la Matemática en el Desarrollo del Pensamiento. Revista Boletín Redipe, 10(7), 106–112. https://doi.org/10.36260/rbr.v10i7.1352

Rahmawati, A. (2017). Rahmawati, A. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 81–90. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.957

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26050

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program with NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043

Satiti, T. (2014). Analisis Dengan Prosedur Newman terhadap Kesalahan Peserta Didik Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Siregar, N. F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 7(01), 1–14. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/LGR/article/view/1660/1416

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta: Bandung.

Tekaeni, I., Supandi, & Setyawati, R. D. (2020). Deskripsi Newman’s Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Peserta Didik Kelas VIII D SMP Institut Indonesia Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-11., 2(1), 1–11. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/5758/3068

Wae, S., Arigiyati, T. A., & Ayuningtyas, A. D. (2020). Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(311–318). https://scholar.archive.org/work/3q3dc6f63jehrfqjj6crpz5uhu/access/wayback/https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/download/8816/pdf

Diterbitkan

2024-09-30

Citation Check