PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PERMAINAN KARTU PECAHAN DENGAN PENDEKATAN PBL

Authors

  • Winni Andika Sari Gultom Program Studi Pendidikan Matematika, PPs Universitas Terbuka, Indonesia
  • Maximus Gorky Sembiring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Mery Noviyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i2.3775

Keywords:

LKPD, Kartu Pecahan, PBL

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yaitu LKPD berbasis permainan kartu pecahan dengan pendekatan PBL dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan LKPD berbasis permainan kartu pecahan dengan pendekatan PBL yang valid, praktis, dan efektif, 2) menganalisis penggunaan LKPD berbasis permainan kartu pecahan dengan pendekatan PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan 3) Menganalisis penggunaan LKPD berbasis permainan kartu pecahan dengan pendekatan PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) diperoleh LKPD pengembangan dengan model ADDIE yang valid dengan skor 4,4 oleh ahli media, dan skor 4,5 oleh ahli materi dan bahasa. LKPD praktis dengan persentase rata-rata respon siswa sebesar 99,38% dan rata-rata skor penilaian pengamatan guru seebesar 4 (sangat baik). LKPD efektif yaitu dengan perolehan rata-rata pretest dan postest minat belajar adalah 64,06 dan 69,78, rata-rata pretest dan postest kemampuan pemecahan masalah adalah 57,50 dan 77,97, 2) LKPD berbasis permainan kartu pecahan dengan pendekatan PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa, dan 3) LKPD berbasis permainan kartu pecahan dengan pendekatan PBL juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV CLC Ladang Rajawali Serawak.

 

ABSTRACT

This research focuses on developing learning media, specifically, Student Worksheets (LKPD), based on a fractional card game using a Problem-based Learning (PBL) approach and the ADDIE development model. The objectives of this research are: 1) to describe the development procedure of the LKPD based on fractional card games with a valid, practical, and effective PBL approach, 2) to analyze how the use of the LKPD based on fractional card games with the PBL approach can increase students' learning interest, and 3) to analyze how the use of the LKPD based on fractional card games with the PBL approach can improve students' mathematical problem-solving abilities. Data collection techniques included observation sheets, interviews, questionnaires, and problem-solving ability tests. The research results show that: 1) the LKPD developed using the ADDIE model was valid, receiving a score of 4.4 from media experts and 4.5 from material and language experts. The LKPD was practical, with an average student response rate of 99.38% and an average teacher observation score of 4 (very good). The LKPD was also effective, with average pretest and posttest scores for learning interest being 64.06 and 69.78 and for problem-solving ability being 57.50 and 77.97, respectively, 2) the use of LKPD based on fractional card games with the PBL approach can increase students' learning interest, and 3) the use of LKPD based on fractional card games with the PBL approach can also improve the mathematical problem-solving abilities of fourth-grade students at the Community Learning Center (CLC) Ladang Rajawali, Sarawak.

References

Achru, A. P. (2019). Pengembangan Minat Belajar dalam Pembelajaran. IDAARAH, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48

Dahliani, E. R., Rahmatan, H., & Djufri. (2020). The Correlation between Students’ Interest and Learning Outcomes in Biology. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012072

Dinda, D., Ambarita, A., Herpratiwi, H., & Nurhanurawati, N. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439

Fatriciadewi, P., Frima, A., & Yuneti, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Lubuklinggau. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(2), 496–509. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.7046

Harefa, D., Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Telaumbanua, T., Laia, B., & Hulu, F. (2023). Relationship Student Learning Interest to the Learning Outcomes of Natural Sciences. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 4(2), 240–246. https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2085–2095. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914

Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Genta Mulia, 10(2), 92–104. https://doi.org/10.61290/gm.v10i2.445

Mariyana, W., Setiawan, R., Sugiyanto, R., Asy’arie, B. F., & Al Fajar, A. H. (2024). The Influence of Learning Interest and Learning Motivation on Learning Outcomes in Economic Learning. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(2), 1507–1518. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3598

Moursund, D. (2016). Learning Problem Solving Strategies by Using Games: A Guide for Educators and Parents. Information Age Educations: Eugene, Oregon, USA.

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD pada Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Prista, D., Sumarmi, S., Mutia, T., Utaya, S., & Bernadi, A. I. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Game-Based Learning Berbantuan Live Worksheets pada Materi Pemetaan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(12), 1380–1395. https://doi.org/10.17977/um063v3i12p1380-1395

Purnadewi, G. A. A., Arnawa, N., & Tatminingsih, S. (2023). The Influence of School Culture, Learning Interest, and Learning Motivation on Science Learning Outcomes. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 4(2), 126–138. https://doi.org/10.59672/ijed.v4i2.3040

Putri, F. M., & Safrizal. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 66–77. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1346

Sari, Z. R., & Wulandari, S. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Prodi Matematika FKIP UPY, 1–9. http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1822

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Sundari, A., & Siregar, N. (2023). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Permainan Tradisional pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1787–1799. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2418

Utama, I. G. B. R. (2016). Teknik Sampling dan Penentuan Jumlah Sampel. https://www.researchgate.net/publication/289657773

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Zamzani, N., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 89–94. https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2870

Downloads

Published

2024-09-30

Citation Check