PELEVELAN LAPISAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X

Novisita Ratu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menempatkan pemahaman konsep siswa kedalam level lapisan pemahaman konsep matematika. Lapisan pemahaman konsep pada penelitian ini berdasarkan pada teori Pirie&Kieren yang terdiri dari primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, inventising. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 7 SMAN 1 Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan Sebesar 54,3% siswa atau sebanyak 19 orang siswa berada pada level tertinggi yaitu inventising, sebesar 22,8% siswa atau sebanyak 8 orang siswa pada level structuring, sebesar 2,9% siswa atau sebanyak 1 orang siswa pada level Observing, sebesar 2,9 % siswa pada level formalising, sebesar 14,2% siswa atau sebanyak 5 orang siswa pada level primitive noticing, sebesar 2,9% siswa atau sebanyak 1 orang siswa pada level image knowing/ having dan tidak terdapat siswa pada level  primitive knowing dan image making. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan level lapisan pemahaman konsep setiap siswa berbeda-beda. Sehingga guru di dalam mengajarkan konsep matematika agar dapat memperhatikan keberagaman penguasaan konsep siswa.

 


Keywords


Lapisan Pemahaman, Pirie&Kieren, Matematika

Full Text:

PDF

References


Cahyati, A. M., & Kriswandani. (2017). Lapisan Pemahaman Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Bagi Siswa kelas X. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2). (Johar, 2012)

Piere,S.&Kieren,T. 1994. Growth in Mathematical Understanding: How we Can Characterize it an How can Represent it. Education Studies in Mathematics Volume 9:160-190.

Puspitasari & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 155-166.

Puspitasari, A. P., & Prihatnani, E. (2018.) Deskripsi Pemahaman Konsep Kejadian Majemuk Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Salatiga. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 117-133.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Rosnawati, R. (2012). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (Makalah). Diambil tanggal 6 Maret 2018 dari http://staff.uny.ac.id

Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang :Prosiding PGRI.

Safitri, R. I., Mulyani, S., & Ratu, N. (2018). Profil Lapisan Pemahaman Konsep Siswa SMP Terkait Garis Tinggi Segitiga. Soulmath, 6(2), 65-78.


How To Cite

Add References






DOI: http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.404

Article metrics

Abstract views : 164 | views : 36


Copyright (c) 2019 HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika

 
 
 
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats