PELEVELAN LAPISAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X

Authors

  • Novisita Ratu Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.404

Keywords:

Lapisan Pemahaman, Pirie&Kieren, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menempatkan pemahaman konsep siswa kedalam level lapisan pemahaman konsep matematika. Lapisan pemahaman konsep pada penelitian ini berdasarkan pada teori Pirie&Kieren yang terdiri dari primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, inventising. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 7 SMAN 1 Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan Sebesar 54,3% siswa atau sebanyak 19 orang siswa berada pada level tertinggi yaitu inventising, sebesar 22,8% siswa atau sebanyak 8 orang siswa pada level structuring, sebesar 2,9% siswa atau sebanyak 1 orang siswa pada level Observing, sebesar 2,9 % siswa pada level formalising, sebesar 14,2% siswa atau sebanyak 5 orang siswa pada level primitive noticing, sebesar 2,9% siswa atau sebanyak 1 orang siswa pada level image knowing/ having dan tidak terdapat siswa pada level  primitive knowing dan image making. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan level lapisan pemahaman konsep setiap siswa berbeda-beda. Sehingga guru di dalam mengajarkan konsep matematika agar dapat memperhatikan keberagaman penguasaan konsep siswa.

 

Author Biography

Novisita Ratu, Universitas Kristen Satya Wacana

Dosen

Program Studi Pendidikan Matematika

Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Presenter di AMC (Asian Mathematics

Conference), dan mendapat Short Course dari

Australia Award Fellowship di Sun Shine Coast

University Australia.

References

Cahyati, A. M., & Kriswandani. (2017). Lapisan Pemahaman Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Bagi Siswa kelas X. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2). (Johar, 2012)

Piere,S.&Kieren,T. 1994. Growth in Mathematical Understanding: How we Can Characterize it an How can Represent it. Education Studies in Mathematics Volume 9:160-190.

Puspitasari & Ratu, N. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Konten Space and Shape. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 155-166.

Puspitasari, A. P., & Prihatnani, E. (2018.) Deskripsi Pemahaman Konsep Kejadian Majemuk Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Salatiga. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 117-133.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung : Tarsito.

Rosnawati, R. (2012). Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika untuk Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa (Makalah). Diambil tanggal 6 Maret 2018 dari http://staff.uny.ac.id

Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang :Prosiding PGRI.

Safitri, R. I., Mulyani, S., & Ratu, N. (2018). Profil Lapisan Pemahaman Konsep Siswa SMP Terkait Garis Tinggi Segitiga. Soulmath, 6(2), 65-78.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check