KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN SIKAP DAN GENDER

Authors

  • Besse Intan Permatasari Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.753

Keywords:

Attitude, gender, problem-solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 8 Balikpapan ditinjau dari sikap dan gender. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 378 siswa. Sampel merupakan siswa kelas VIII yang terpilih dengan cluster random sampling berjumlah 217 siswa. Siswa yang terpilih sebagai sampel menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan mengisi kuisioner sikap terhadap matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Hasil ANAVA dua jalan mengungkapkan bahwa: 1) siswa dengan sikap positif memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari pada siswa dengan sikap negatif, 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender (laki-laki maupun perempuan), serta 3) tidak terdapat interaksi antara sikap dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

References

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19-28.

Hardy, Hudiono, B., & Rajiin, M. (2015). Pengaruh Gender dan Strategi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-14.

Isabelo, V. S. (2018). Factors A Factors Affecting the Mathematics Problem Solving Skills of Filipino Pupils. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(2), 487-497.

Lestariningsih, L., & Sholichah, B. (2018). Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 207-213.

Marchiş, I. (2013). Relation Between Students’ Attitude Towards Mathematics And Their Problem Solving Skills. PedActa, 3(2), 59-66.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 14-31.

Nicolaidou, M., & Philippou, G. (1997). Attitudes Towards Mathematics, Self-Efficacy and Achievement in Problem-Solving. pp. 1-11.

Pimta, S., Tayruakham, S., & Nuangchale, P. (2009). Factors influencing mathematic problem-solving ability of sixth grade students. Journal of Social Sciences, 5(4), 381-385.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psycology. New York: McGraw-Hill.

Sezgin memnun, D., & ÇOBAN, M. (2015). Mathematical Problem Solving: Variables that Affect Problem Solving Success. International Research in Education, 3(2), 110-120.

Simanjuntak, S. D. (2016). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Matematis dan Sikap Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 81-89.

Susilowati, J. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132-148.

Zhu, Z. (2007). Gender Differences In Mathematical Problem Solving Patterns: A Review of Literature. International Education Journal, 8(2), 187-203.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles