PENGARUH PEMBELAJARAN AIR BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Aisyah Amini Lubis Universitas islam negri sumatera utara (UINSU), Indonesia
  • Tanti Jumaisyaroh Siregar UIN Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i1.1817

Keywords:

Air, kemampuan komunikasi matematis, media konkret

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP 8 PAB Saentis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media konkret yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media konkret yang bertujuan untuk mengetahui model pengaruh pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media konkret terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada persamaan materi dan pertidaksamaan linier satu variabel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pretest dan postest , populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP 8 PAB Saentis,Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualally Repetition (AIR) berbantuan media yang nyata lebih baik dari kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

References

Ariawan, lR., l& lNufus, lH. l(2017). lHubungan lKemampuan lPemecahan lMasalah lMatematis ldengan lKemampuan lKomunikasi lMatematis lSiswa. lJurnal lTHEOREMS, l1(2), l83.

Astuti, lR., lYetri, l& lAnggraini, lW. l(2018). lPengaruh lModel lPembelajaran lAuditory lIntellectually lRepetition l(AIR) lTerhadap lKemampuan lBerpikir lKritis lSiswa lPada lMateri lKemagnetan lKelas lIX lSMP lN l1 lPenengahan lLampung lSelatan. lIndonesian lJournal lof lScience land lMathematics lEducation, l1(2). lhttps://doi.org/https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2765

Asyhar, lR. l(2012). lKreatif lmengembangkan lmedia lpembelajaran. lJakarta: lReferensi.

Darkasyi, lM., lJohar, lR., l& lAhmad, lA. l(2014). lPeningkatan lKemampuan lKomunikasi lMatematis ldan lMotivasi lSiswa ldengan lPembelajaran lPendekatan lQuantum lLearning lpada lSiswa lSMP lNegeri l5 lLhokseumawe. lJurnal lDidaktik lMatematika, l1(1), l22.

Destrinelli, lD., lHayati, lD. lK., l& lSawinty, lE. l(2018). lPengembangan lMedia lKonkret lpada lPembelajaran lTema lLingkungan lKelas lIII lSekolah lDasar. lJurnal lGentala lPendidikan lDasar, l3(2), l313–333. lhttps://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Fadhilaturrahmi. l(2017). lPenerapan lPendekatan lSaintifik lUntuk lMeningkatkan lKemampuan lKomunikasi lMatematik lPeserta lDidik lDi lSekolah lDasar. lEduhumaniora, l9(2), l110.

Ferdianto, lF. l(2015). lMedia lAudio lVisual lpada lKemampuan lKomunikasi lMatematis lSiswa lKelas lIX. lEUCLID, l2(2).

Fitri, lS., l& lUtomo, lR. lB. l(2016). lPengaruh lModel lPembelajaran lAuditory lIntellectualy land lRepetition lterhadap lKemampuan lPemahaman lKonsep ldi lSMP lPustek lSerpong. lJurnal lE-DuMath, l2(2), l194.

Hakimin, lD., lAsmara, lY., l& lSarkowi. l(2021). lPengaruh lModel lPembelajaran lAIR l(Auditory, lIntellectually, lRepetition) lterhadap lHasil lBelajarsejarah lKerajaan lIslam ldi lSumatera lSiswa lKelas lX lSMK lYadika lLubuklinggau. lJurnal lPerspektif lPendidikan, l15(1), l51.

Hendriana. l(2018). lHard lSkill land lSoft lSkill lMatematik lSiswa. lBandung: lRefika lAditama.

Hodiyanto. l(2017). lKemampuan lKomunikasi lMatematis ldalam lPembelajaran lMatematika. lAdmathEdu, l7(1), l10.

Husna, lN., lUtami, lC., l& lWahyuni, lR. l(2016). lPengaruh lModel lRole lPlaying lterhadap lKemampuan lKomunikasi lMatematis lSiswa lpada lMateri lFungsi lKomposisi lKelas lXI lSMA lNegeri l6 lSingkawang. lJurnal lPendidikan lMatematika lIndonesia, l1(2), l82.

Irmayanti. l(2019). lPengaruh lModel lPembelajaran lAuditory lIntellectually lRepetition l(AIR) lterhadap lKemampuan lPemecahan lMasalah lMatematika ldan lSelf lEffecacy lSiswa. lJurnal lAxiom, l8(2), l133.

Irwanto, lWasitohadi, l& lRahayu, lT. lS. l(2021). lPenerapan lPendekatan lScientific ldengan lMenggunakan lMedia lKonkret luntuk lMeningkatkan lHasil lBelajar lMatematika lSiswa lKelas l4 lSD. lJurnal lRiset lTeknologi lDan lInovasi lPendidikan, l2(1).

Purnomo, lB. l(2018). lPemahaman lKonsep lMatematika lSiswa lMelalui lModel lPembelajaran lAIR l(Auditory,Intellectually,Repetition) lDan lCourse lReview lHoray. lJurnal lIlmiah lSoulmath, l6(1).

Research lAdvisory lCommittee lof lthe lNational lCouncil lof lTeachers lof lMathematics. l(1988). lNCTM lCurriculum land lEvaluation lStandards lfor lSchool lMathematics: lResponses lfrom lthe lResearch lCommunity. lJournal lfor lResearch lin lMathematics lEducation, l19(4), l338–344.

Shoimah, lR. lN. l(2020). lPenggunaan lMedia lPembelajaran lKonkrit luntuk lMeningkatkan lAktifitas lBelajar ldan lPemahaman lKonsep lPecahan lMata lPelajaran lMatematika lSiswa lKelas lIII lMI lMa’aruf lNU lSukodadi lLamongan. lMIDA : lJurnal lPendidikan lDasar lIslam, l3(1), l1–18. lhttps://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836

Suderajat, lH. l(2004). lImplementasi lKurikulum lBerbasis lKompetensi. lBandung: lCipta lCekas lGrafik.

Syahliani, lM., lJamal, lM., l& lAn’nur, lS. l(2014). lPenerapan lModel lPembelajaran lAuditory lIntelectually lRepetition l(AIR) lUntuk lMeningkatkan lHasil lBelajar lSiswa. lBerkala lIlmiah lPendidikan lFisika, l2(3), l213. lhttps://doi.org/10.20527/bipf.v2i3.859

Umar, lW. l(2012). lMembangun lKemampuan lKomunikasi lMatematis ldalam lPembelajaran lMatematika. lInfinity lJournal, l1(1), l4.

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles

Citation Check