Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kecemasan Matematis Siswa

Authors

  • Fitri Andini Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Asrul Asrul Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v7i1.2632

Keywords:

Project based learning, Kecemasan matematis, Faktor - faktor kecemasan matematis

Abstract

proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi terdiri dari seluruh siswa Kelas X Proyek Madrasah Aliyah Swasta UNIVA Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kuesioner kecemasan matematika dengan 26 item disajikan sebagai instrumen. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana t-test. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS Statistics 23 untuk pengujian validasi, pengujian reliabilitas, pengujian normalitas, pengujian keseragaman, dan pengujian regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan matematika siswa menurun melalui penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa mengungkapkan permasalahan pembelajaran matematika tanpa rasa takut dan cemas. Penelitian ini berimplikasi pada sekolah yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang dipadukan dengan penerapan model pembelajaran lain untuk mengatasi kecemasan matematika siswa.

References

Asdar, A., Arwadi, F., & Rismayanti, R. (2021). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dan Self Confidence Siswa SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–16.

Boss, S., & Krauss, J. (2022). Reinventing project-based learning: Your field guide to real-world projects in the digital age. International Society for Technology in Education.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.

Dina, A. S., & Lukita Ambarwati, M. (2022). Literature Review: Faktor Kecemasan Matematika Siswa dan Upaya Mengatasinya. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 443–450.

Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN MATEMATIKA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872

George, D., & Mallery, P. (2019). IBM SPSS statistics 26 step by step: A simple guide and reference. Routledge.

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 307. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9938

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Pemahaman Konsep Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83.

Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 181–190.

Kurniawan, R. (2016). Analisis regresi. Prenada Media.

Masruroh, L., & Reza, M. D. (2015). Pengaruh Kecemasan Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Matematikadi SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Stkip Pgri Sidoarjo, 3(2), 175–186.

Mentari, M., Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Esteem Siswa SD: Pendekatan PMRI, Pemecahan Masalah Matematis, Self-Esteem. Journal on Teacher Education, 4(1), 237–249.

Mukti, N., Sridana, N., Triutami, T. W., & Sarjana, K. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2324–2332.

Owens, A. D., & Hite, R. L. (2022). Enhancing student communication competencies in STEM using virtual global collaboration project based learning. Research in Science & Technological Education, 40(1), 76–102.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk: Studi kasus penghasilan orang tua mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unismuh Makassar. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 7–11.

Rachmantika, A. R., Waluya, S. B., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Project Based Learning dengan Setting Daring. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2609–2615.

Ratna, R., & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471–482.

Riski, F., & Rafianti, I. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di sma. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 11–23.

Ruane, J. M., Mustika, M. S., & Zakkie, I. M. (2021). Angket; Sifat Penyelidik: Seri Dasar-Dasar Metode Penelitian. Nusamedia.

Suliyanto, S. (2011). Perbedaan Pandangan Skala likert sebagai Skala Ordinal atau skala Interval. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2011, 51–60.

Szczygieł, M., & Pieronkiewicz, B. (2022). Exploring the nature of math anxiety in young children: Intensity, prevalence, reasons. Mathematical Thinking and Learning, 24(3), 248–266. https://doi.org/10.1080/10986065.2021.1882363

Takanjanji, E. K., Ekayanti, N. W., & Diarta, I. M. (2022). MENGASAH KREATIVITAS SISWA DENGAN IMPLEMETASI PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) BEBRASIS BARANG BEKAS. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 12(1), 26–33.

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7, 50–62.

Usman, M. R., & Faqih, N. S. (2022). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model project based learning. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 189–202.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220.

Wulandari, M. R., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Dampak Kecemasan Matematis Siswa Terhadap Kemampuan Sintesis Matematika. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 74–83.

Zaelani, A. U., Husain, T., & Budiyantara, A. (2020). Analisis Simulasi Sistem Penunjang Keputusan: Model Matematis Dengan Pendekatan Goodness-of Fit Berbasis Structural Equation Model. SMARTICS Journal, 6(1), 10–16.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles

Citation Check