PROFIL PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT

Authors

  • Ika Citra Pratiwi Tadulako University, Indonesia
  • Rita Lefrida Tadulako University, Indonesia
  • Alfisyahra Alfisyahra Tadulako university, Indonesia
  • Pathuddin Pathuddin Tadulako University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v8i1.3403

Keywords:

Profil, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial, Gaya Kognitif, Field Independent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan profil pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang siswa yang diambil dari 8 siswa kelas VII A MTs Nida’ul Khairaat Pombewe pada semester ganjil 2023/2024. Pemilihan subjek menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT).  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profil pemecahan masalah siswa bergaya kognitif field independent memahami masalah dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal secara lengkap dan terperinci, membuat rencana penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana sesuai degan rencana yang telah dibuat sebelumnya  dan memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan dengan cara meneliti atau mengecek ulang jawabannya dan memperoleh jawaban yang benar.

References

Ahna, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Sultan Agung.

Buadin, H. (2020). Proses Kognitif Siswa Field Independent Dan Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.323-332

Ita, R., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1D), 1059–1065. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2452

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1290

Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 63–76. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.477

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano%0AProfil

Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345

Polya, G. (1973). How to Solve it (new of Mathematical Method)(Second Edi). New Jersey: Prence University Press.

Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbatuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.131

Sahrina, A., & Kusumawati, I. B. (2023). Analisis Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 58–66.

Salahuddin, M., & Syahrir, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memahami Masalah Matematika Materi Fungsi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1122

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman Dan Scaffolding Pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.337

Vendiagrys, L., Junaedi, I., & Masrukan. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika soal setipe TIMSS berdasarkan gaya kognitif siswa pada pembelajaran model problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 34–41. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Downloads

Published

2024-06-01

Citation Check