PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Wahyullah Alannasir Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Muhammad Ilyas Ismail UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.526

Keywords:

Matematika Realistik, Motivasi, Prestasi

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara: (1) pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika siswa; (2) motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan (3) pendekatan matematika realistik dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SD Negeri daya 2 Makassar. Penelitian ini adalah jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri daya 2 Makassar tahun 2018/2019. Tekni penyampelan yang digunakan adalah multistage random sampling sehingga diperoleh 149 siswa yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh sebesar 3,12% antara pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SD Negeri daya 2 Makassar; (2) terdapat pengaruh sebesar 41,6% antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SD Negeri daya 2 Makassar, dan (3) terdapat pengaruh sebesar 41,6% antara pendekatan matematika realistik dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SD Negeri daya 2 Makassar.

ABSTRACT

This study aims to find out how much significant influence among (1) realistic mathematical approaches to students' math learning achievement; (2) motivation to excel in students' math learning achievements, and (3) realistic math approach and motivation to achieve math achievement of students of SD Negeri daya 2 Makassar. This research is a type of ex post facto research. The population in this study is all students at SD Negeri daya 2 Makassar in 2018/2019. The embedding technique used was multistage random sampling so that 149 students were sampled. Data collection techniques through questionnaires and documentation. Descriptive and inferential statistical data analysis techniques. The results showed that: (1) there was a 3.12% influence between realistic mathematical approaches to mathematics learning achievement in students of SD Negeri daya 2 Makassar; (2) There was a 41.6% influence between the motivation of achievement on the achievement of mathematics learning in students of SD Negeri daya 2 Makassar, and (3) there was an influence of 41.6% between realistic mathematical approaches and motivation to achieve together on the achievement of learning mathematics in students of SD Negeri daya 2 Makassar.


References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aisyah. Nyimas, Hawa, S., S., Purwoko, & Masrinawatie. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.

Dewi, A. (2013). Gangguan Kecemasan dalam Belajar Matematika. Retrieved September 10, 2019, from https://www.duniapelajar.com/2013/05/07/gangguan-kecemasan-dalam-belajar-matematika/

Djamarah, Saiful, B. (2008). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati. (2009). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Numerik dengan Prestasi Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. Universitas Negeri Malang.

Inganah, S. (2003). Model Pembelajaran Segiempat dengan Pendekatan Realistak Pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 3 Batu. Universitas Negeri Malang.

Istarani, & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Kooperatif. Medan: CV. Iscom Medan.

Sahidin, L. & Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa tentang Cara Guru Mengajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 211–222.

Sappaile, Baso, I. (2007). Hubungan Kemampuan Penalaran dalam Matematika dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(69), 985–1003.

Soedjadi, R. (2006). Pembelajaran Matematika Berjiwa RME. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JIC - UPI.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check