PENERAPAN SIKLUS ACTIVITIES, CLASS DISCUSSION, AND EXERCISE (ACE) PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRET

Authors

  • Nurlaili Nurlaili Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.541

Keywords:

Siklus ACE, Aktivitas, Matematika diskret

Abstract

Mata kuliah matematika diskret pada struktur kurikulum Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menjadi landasan untuk mempelajari mata kuliah yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk m engimplementasikan model pembelajaran activities, class discussion, and exercise (ACE) dalam pembelajaran matematika diskret dengan sasaran peningkatan partisipasi aktif mahasiswa. Desain penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refeleksi) dalam dua siklus. Penelitian dilaksanakan di Program Studi RPL Institut Teknologi Telkom Purwokerto dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa kelas RPL A sebanyak 27 orang pada tahun akademik 2018/2019. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan siklus ACE memberikan peningkatan pada hasil pencapaian pembelajaran mahasiswa. Pencapaian aktivitas pembelajaran mahasiswa mengalami peningkatan dari 44,45% pada siklus 1 menjadi 75,94% pada siklus 2. Selain itu juga terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa dilihat dari rata-rata klasikal siklus 1  yaitu 55,8 dan siklus 2 yaitu 72,7. Hal ini menggambarkan bahwa penerapan siklus ACE dalam pembelajaran matematika diskret dapat meningkatkan capaian pembelajaran mata kuliah di kelas RPL A.

ABSTRACT

The discrete mathematics subject in the curriculum of the Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Departemen is the fundamental subjects for the freshman, so it has to bring in an attractive approach of  learning process. The aim of this study is to implement the activities, class discussion, and exercise (ACE) cycle for the discrete mathematics learning. This implementation is designed to construct student participation in the class. The research design uses the Kemmis and Taggart classroom action research approach including two cycles that each cycle is consists of four stages (planning, implementation, observation, and reflection). The research was conducted in the RPL Departement of the Institut Teknologi Telkom Purwokerto with 27 RPL A class students in the academic year 2018/2019 as a research subject. The techniques of data collection use class observations and tests. Based on the results, the ACE cycle implementation brings an increase in student learning achievement. The achievement of student learning activities has increased from 44.45% in cycle 1 to 75.94% in cycle 2. In addition, there was also an increase in student learning outcomes seen in the class score. The class score in the cycle 1 was 55.8 and in the cycle 2 was 72.7. These results demonstrate that the ACE cycle implementation in the learning of discrete mathematics can improve the learning outcome in class RPL A

  

References

Aini, S. D., & Irawati, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Visual Thinking Disertai Aktivitas Quick on the Draw Improving Student Learning Outcomes through Visual Thinking Learning with Quick on the Draw Activities. 12(2), 210–219.

Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A Framework for Research and Curriculum Development in Undergraduate Mathematics Education. -, 1–23.

Darmayasa, I. P. (2011). Pembelajaran Kooperatif Ace ( Activities , Class Discussion , Exercise ) Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1–3), 44–51.

Erawati, N. K. (2018). Penerapan Siklus ACE APOS pada Mata Kuliah Analisis Riil. Emasains, VII(1), 22–28.

Fatmawati, A. (2011). Implementasi Siklus ACE melalui Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Pengembangan Program Pembelajaran Biologi. 1(2), 10.

Herman, Y. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Teams Games Tournament ( TGT ) Pada Pokok Bahasan Inti Atom Melalui Strategi Siklus ACE. 3(March 2018), 24–33.

Khamid, A., & Santosa, R. H. (2016). Keefektifan pendekatan PBL dan CTL ditinjau dari komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 111. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10660

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran (E. Kuswandi, ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar. Journal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 14. Retrieved from http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/96/50

Rahmawati, Y., Kuswardi, Y., & Pambudi, D. (2017). Model, Eksperimentasi Siklus, Pembelajaran Matematika, Belajar Dari, Ditinjau Belajar, Aktivitas Xi, Kelas Ganjil, Semester. (2), 85–99.

Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaranan yang inovatif (1st ed.; R. Utami, ed.). Yogyakarta: ANDI.

Safarini, D., & Adyan, F. A. (2019). Penerapan Software Geogebra pada Pembelajaran Topik lingkaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 141–151. Retrieved from http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i2.466

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Wiriatmadja, R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yustika, G., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 481–493. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.136

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check