TELAAH STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH ALAM PEKALONGAN

Authors

  • Drajat Stiawan IAIN Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v4i1.561

Keywords:

Pembelajaran, Matematika, Sekolah Alam

Abstract

Sekolah alam adalah sekolah yang kegiatan pembelajarannya tidak hanya terpaku di dalam kelas, tetapi juga memanfaatkan alam sekitar atau lingkungan sebagai objek pembelajaran. Pembelajaran matematika pada sekolah alam dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa siswa menjadi lebih kreatif dan mandiri. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah alam Ma’had Islam Pekalongan. Informan adalah kepala sekolah, guru matematika kelas IV dan V sekolah alam SD Ma’had Islam. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika di Sekolah alam SD Ma’had Islam dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Ketika di dalam kelas menggunkan metode ceramah dan tanya jawab. Saat di luar kelas (out door) lebih banyak menggunakan metode pemberian tugas dan game (bermain) serta memanfaatan bahan-bahan yang ada di Alam, guna memahamkan siswa sesuai dengan materi yang diajarkan oleh guru matematika.

ABSTRACT

A natural school is a school whose learning activities are not only fixed in the classroom, but also utilize the natural surroundings or the environment as objects of learning. Mathematics learning in natural schools is done as an effort to grow students' souls to be more creative and independent. The research carried out aims to describe how the implementation of mathematics learning in Pekalongan's Ma'had Islam School of Nature. The informants are the school principal, mathematics teacher grades IV and V of the natural school Ma'had Islam elementary school. The technique in collecting data uses observation and interviews. Data analysis includes data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results showed that the implementation of mathematics learning in the natural school of Ma'had Islam Elementary School was done in the classroom and outside the classroom. When in class use the lecture and question and answer method. When outside the classroom (out door) use more methods of giving assignments and games (playing) and utilizing materials available in Nature, in order to understand students according to the material taught by mathematics teachers.


References

Barlian, I. (2013). Begitu Pentingkah Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru ?. Jurnal Forum Sosial, 6(1), 241 - 246.

Mufidah, H. (2015). Sistem Pembelajaran Matematika Di Sekolah Alam. Jurnal Ummul Quro, VI(2), 36 - 47.

Mustafida, F. (2016). Strategi Menciptakan Iklim Kondusif Di SD/MI (Sebuah Kajian Pedagogis Dan Psikologis). Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 64 - 76.

Hidayati, I, F & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam Di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies IJCETS, 4(1), 32 – 39.

Rapti, D. (2012). School Climate as an Important Component in School Effectiveness ÖNEMLİ. Academicus Internasional Scientific Journal. MMXII(8), 110 - 125.

Rohani. (2006). Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohinah. (2014). Sekolah Alam: Paradigma Baru Pendidikan Islam Humanis. Nadwa, 8(2), 282 – 294.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenanda Media Group.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia : Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Bandung. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Diknas

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Virrayani, A, N & Sulistijowati, M. (2014). Perancangan Sekolah Alam Di Kecamatan Kenjeran, Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 1 - 5.

Yulianti, & Sulistyowati, P. (2014). Kajian Kurikulum Sekolah Alam Dalam Rangka Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Tingkat Sekolah Dasar. JP2SD: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 1(4), 288 - 291.

Downloads

Additional Files

Published

2020-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check