PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Heri Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.112

Kata Kunci:

Learning Cycle 5E, Hasil Belajar Matematika, Teorema Pythagoras

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar matematika pada materi teorema Pythagoras. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh siswa kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan VIIIG sebagai kelas kontrol. Uji beda rerata kemampuan awal siswa dengan menggunakan uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,851 (lebih dari 0,05), artinya kondisi awal kedua kelas seimbang. Hasil uji beda rata-rata mengahasilkan nilai signifikansi sebesar 0,024 (kurang dari 0,05). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata kedua kelas, maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar matematika bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang.

Referensi

Apriana, S. A. (2015). Penerapan Model Learning Cycle 5E (LC 5E) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X8 SMA Negeri 2 Siak Hulu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1-9.

Handayani, S. D. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Learning Cycle-5E Pada Pokok Bahasan Kesebangunan Kelas IX SMP Negeri Benjeng. http://digilib.uinsby.ac.id/9342/. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Junaidah. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase (Lc 5E) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. http://repository.uin-suska.ac.id/2738/. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Lestari, E. C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dengan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2013/2014. Kadikma, 6(2), 83-94.

Mandau, L. S. 2014. Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBI) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamona Utara Sulawesi Tengah. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5603. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Setiawan, I. W. P. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1-11.

Sugarno, S. H. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Siswa Kelas V dengan Model Pembelajaran Bersiklus (Learning Cycle) SD 1 Karangbener Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Semesteri Tahun 2012/2013. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/7773. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Susanti, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika bagi Siswa Kelas X MIA SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/9826. Diakses pada tanggal 3 Februari 2018.

Taqwa, M. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Heroic Leadership Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X.9 Sma Negeri 1 Bungoro. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Pedagogik, 2(1), 70-78

Thakarina, I. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle “5e†Terhadap Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Getasan Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/5637. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Winarsih, W. 2014. Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4975. Diakses pada tanggal 31 Januari 2018.

Diterbitkan

2018-05-07

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check