Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Cipp Evaluation Model Pada Siswa Kelas VIIB Maha Putra Tello Makassar

Penulis

  • Andi Jusmiana Universitas Pejuang Republik Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.122

Kata Kunci:

Hasil Belajar, CIPP Evaluation, Bilangan

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan CIPP Evaluation Model pada Siswa Kelas VIIB SMP Maha Putra Tello. Makassar dengan permasalahan 1) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan CIPP Evaluation model. 2) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan CIPP evaluation model. 3) Bagaimana gambaran peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan CIPP evaluation model. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan Subjek penelitian adalah kelas VIIB SMP Maha Putra Tello Makassar dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data hasil evaluasi konteks dan proses diolah secara kualitatif dan data hasil evaluasi input dan produk diolah secara kuantitatif yaitu menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang dicapai setelah penerapan CIPP evaluation model, pada siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 64,40   berada pada kategori rendah, pada siklus II, 77,05 berada  pada kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran CIPP Evaluation model maka hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Maha Putra Tello Makassar mengalami peningkatan.

 

 

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar evaluasi pendidikan, (Edisi Revisi, Cet. III, Jakarta: Bumi Aksara, 2002)

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA, FMIPA Universitas Negeri Malang, 2003.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2000

Sudjana, Nana. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2008

Suherman, Erman. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Universitas Pendidikan Indonesia, 2003

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya, 2000

Diterbitkan

2018-07-25

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check