PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • A Sriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rahmatia Rahmatia Universitas islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nur Khalisah Latuconsina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Suharti Suharti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Rahmasinar Amin Universitas Mega Rezky

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1229

Kata Kunci:

learning motivation, self-efficacy, learning achievement,

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika semester ganjil peserta didik kelas VII  SMPN 27 Makassar secara individual dan serentak. Metode yang digunakan yaitu ex post facto dengan paradigma ganda. Teknik pengambilan sampel yaitu cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar, angket efikasi diri dan dokumentasi berupa arsip nilai matematika tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial uji regresi linear berganda. Berdasarkan uji hipotesis secara individual menggunakan uji t-test dengan taraf signifikan =0,05 untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. 0,036 < 0,05. Untuk efikasi diri diperoleh nilai Sig. 0,00 < 0,05 semua H0 ditolak yang berarti motivasi belajar dan efikasi diri berpengaruh secara individual terhadap prestasi belajar matematika semester ganjil. Berdasarkan uji hipotesis secara serentak menggunakan uji F dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh nilai Sig. 0,00 < 0,05. Dengan demikian motivasi belajar dan efikasi diri berpengaruh secara serentak atau bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika semester ganjil peserta didik kelas VII SMPN 27 Makassar.

ABSTRAK

This study aims to determine the effect of learning motivation and self-efficacy on mathematics learning achievement in the odd semester of seventh-grade students of SMPN 27 Makassar individually and simultaneously. The research method used is ex post facto with a dual paradigm design. The sampling technique used was cluster sampling with a total sample of 44 students. The instruments used were a learning motivation questionnaire, a self-efficacy questionnaire, and documentation in the form of an archive of mathematics odd semester grades for the 2019/2020 school year. The data analysis technique used is descriptive statistics and inferential statistics multiple linear regression tests. Based on the individual hypothesis test using a t-test with a significant level = 0.05 for learning motivation, the Sig. 0.036 <0.05. For self-efficacy, the Sig. 0.00 <0.05, all H0 are rejected, which means learning motivation and self-efficacy have an individual effect on mathematics learning achievement in odd semesters. Based on the hypothesis test simultaneously using the F test with a significant level = 0.05, the Sig. 0.00 <0.05. Thus learning motivation and self-efficacy affect simultaneously or together with the mathematics learning achievement of the odd semester students of class VII SMPN 27 Makassar.

Referensi

Arigiyati, T. A., Sujadi, A., Kusumaningrum, B., Pratiwi, S. R., & Marzuqoh, F. A. (2019). The Influence of Motivation, Activeness, and Learning Style on Mathematics Learning Achievement og High School Students in Bantul. International Conference on Technology, Education and Science, 1(1), 250–257.

Arulmoly, C., & Branavan, A. (2017). The Impact of Academic Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary School Students in Paddiruppu Educational Zone in the Batticaloa District, Sri Langka. International Journal of Science and Research Publication, 7(5), 115–126.

Baru, Y. (2018). Pengaruh Motivasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Kristen Tagari Rantepao. Jurnal KIP, 6(3), 265–269.

Farhan, M., & Alfin, E. (2019). The Effect of Emotional Intelligence and Self Efficacy Toward Students Achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 37–46.

Gegbe, B., Sheriff, A., & Turay, S.-M. (2015). The Impact of Motivation on Pupil’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary Schools in Sierra Leone: a Case Study Kori Chiefdom, Moyamba District Southern Sierra Leone. International Journal of Science Basic and Applied Research (IJSBAR), 24(3), 27–38.

Indriani, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Kelas V terhadap Prestasi Belajar Matematika di SD Negeri Bijirejo Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4, 135.

Irwanto. (2008). Motivasi dan Pengukuran Perilaku. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Janatin, M. (2015). HubunganSelf Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi Untuk Meningkatkannya. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 455–460.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745–751.

Maulani, F. I., Amalia, R., & Zanthy, L. S. (2020). Kontribusi Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Maju, 7(1), 44–49.

Nadziroh, S. N. (2017). Pengaruh Regulasi Diri terhadap Efikasi Diri dalam Menghafal Alquran pada Mahasiswa IAIN Tulungagung. IAIN Tulungagung.

Natawidjaya, R. (1998). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Nugraha, I. F., & Prabawati, M. N. (2019). Self Efficacy Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Matematika di SMKS Sukapura. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 281–286.

Pardimin. (2018). Self Efficacy Matematika dan Self Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29–37.

Phuntsho, U. (2018). The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics – an Action Research. Journal of Educational Action Research, 1(3), 41–55.

Putri, P. T., & Rozali, Y. A. (2018). Pengaruh Self Efficacy terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri Tangerang.

Saefullah. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, dan Prosedur. Pranamedia Group.

Sari, F. A., Noer, S. H., & Caswita. (2017). Pengaruh Discovery Learning terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7), 776–787.

Sunaryo, Y. (2017). Pengaruh Self Efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Mts N 2 Ciamis. Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 39–44.

Suyati. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung Perkalian dengan Metode Bermain Kartu. Jurnal Paradigma, 2(1).

Wulaninningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 167.

Diterbitkan

2021-10-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check