PERBANDINGAN KEFEKTIFAN GOOGLE CLASSROM DAN MICROSOFT TEAMS DALAM MENGELOLA KELAS ONLINE

Penulis

  • Akbar Nasrum Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia
  • Made Subawo Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v5i2.1312

Kata Kunci:

Google Classroom, LMS, Microsoft Teams

Abstrak

Learning Manajemen System (LMS) menjadi salah satu alternatif untuk melaksanakan pembelajaran selama masa Covid-19. Dua diantara LMS yang sudah dikenal oleh masyarakat pelajar yaitu Google Classroom dan Microsoft Teams. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan kedua LMS dalam mengelola kelas online agar diperoleh informasi yang lebih jelas tentang kelebihan, kekurangan serta keefektifan masing-masing LMS. Dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan dua LMS ini untuk mengajar pada dua kelompok kelas di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Kemudian mengukur dan membandingkan kelebihan dan kekurangan kedua LMS pada beberapa indikator. Instrumen utama dalam menganalisa kelebihan dan kekurangan kedua LMS ini adalah peneliti sendiri. Data diperoleh pada saat proses pembelajaran berlangsung. Semua informasi tentang fungsi fitur kedua LMS dikumpulkan kemudian direduksi sehingga diperoleh data yang jelas yang mempermudah dalam membuat kesimpulan. Data lain berupa hasil belajar mahasiswa juga dikumpulkan menggunakan fitur pengujian masing-masing LMS. Ternyata tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua hasil belajar yang diperoleh. Disisi lain, ada delapan fitur LMS yang masing-masing memiliki keunggulan. Google Classroom unggul dalam hal kecepatan akses, fitur penilaian dan fitur absensi. Microsoft Teams unggul dalam hal penyimpanan data dan komunikasi. Sementara fitur administrasi, pengujian dan penyampaian bahan ajar masing-masing memiliki kelebihan tersendiri untuk kedua LMS masing-masing.

Referensi

Abazi-Bexheti, L., Kadriu, A., Apostolova-Trpkovska, M., Jajaga, E., & Abazi-Alili, H. (2018). LMS Solution: Evidence of Google Classroom Usage in Higher Education. Business Systems Research, 9(1), 31–43. https://doi.org/10.2478/bsrj-2018-0003

Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Alameri, J., Masadeh, R., Hamadallah, E., Ismail, H. B., & Fakhouri, H. N. (2020). Students ’ Perceptions of E-learning platforms ( Moodle , Microsoft Teams and Zoom platforms ) in The University of Jordan Education and its Relation to self-study and Academic Achievement During COVID-19 pandemic. Advanced Research & Studies Journal |, 11(5), 21–33.

Albashtawi, A. H., & Al Bataineh, K. B. (2020). The effectiveness of google classroom among EFL students in Jordan: An innovative teaching and learning online platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(11), 78–88. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I11.12865

Ketut Sudarsana, I., Bagus Made Anggara Putra, I., Nyoman Temon Astawa, I., & Wayan Lali Yogantara, I. (2019). The use of Google classroom in the learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012165

Nasrum, A., & Herlina, H. (2019). Developing of Calculus Teaching Materials Based on Audiovisual. Infinity Journal, 8(2), 209. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i2.p209-218

Pradja, B. P., & Baist, A. (2019). Analisis kualitatif penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran kolaboratif daring. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (4th Senatik), 415–420. http://103.98.176.39/index.php/senatik/article/view/88

Rahmad, R., Adria Wirda, M., Berutu, N., Lumbantoruan, W., & Sintong, M. (2019). Google classroom implementation in Indonesian higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 0–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012153

Ramadhani, R., Umam, R., Abdurrahman, A., & Syazali, M. (2019). The effect of flipped-problem based learning model integrated with LMS-google classroom for senior high school students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 137–158. https://doi.org/10.17478/jegys.548350

Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online. Information System For Educators And Professionals, 1(2), 221–230.

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, A. S. S. M. (2016a). The application of Google Classroom as a tool for teaching and learning. Journal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering, 8(10), 5–8.

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, S. S. M. (2016b). Google classroom as a tool for active learning. AIP Conference Proceedings, 1761, 1–7. https://doi.org/10.1063/1.4960909

Suarman Situmorang, A. (2020). Microsoft Teams For Education Sebagai Media Pembelajaran. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 30–35.

Subandi, S., Choirudin, C., Mahmudi, M., Nizaruddin, N., & Hermanita, H. (2018). Building interactive communication with Google Classroom. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2.13 Special Issue 13), 460–463. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13799

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyususnan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2021-12-02

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check