PENGARUH PENGGUNAAN MODUL MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SMK PGRI 2 KEDIRI

Penulis

  • Cindivia Putri Bayu Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Dian Devita Yohanie Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Aprilia Dwi Handayani Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/histogram.v6i1.1518

Kata Kunci:

Modul, Minat, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian bertujuan melihat pengaruh penggunaan modul pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian eksperimen semu dengan jenis Pretest – Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian pada tahun ajaran 2020/2021 adalah seluruh siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, kelompok eksperimen dengan 25 siswa di kelas X AKL 1 dan kelompok kontrol dengan 25 siswa di kelas X AKL 3. Pretest, posttest dan kuesioner minat digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” dan ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ pada taraf signifikan 5%. Nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = 2,918 sedangkan nilai ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ = 1,677, menunjukkan ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™, sehingga ð»ð‘Ž diterima dan ð»ð‘œ ditolak. Hal ini menyatakan bahwa penggunaan modul pembelajaran berpengaruh terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas X AKL SMK PGRI 2 Kediri.

Biografi Penulis

Cindivia Putri Bayu, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa

Dian Devita Yohanie, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Dosen

Aprilia Dwi Handayani, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Dosen

Referensi

Arifin, S. (2018). Pengaruh minat dan kreativitas belajar matematika terhadap hasil belajar siswa kelas x. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 59–70.

Aulia, F. (2014). Pengaruh Penggunaan Modul pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Negeri 2 Bukit Tinggi. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Dewi, R., & Saudah. (2021). Minat Belajar dan Kompetensi Mahasiswa dalam Penerapan Praktik Kebidanan. Pekalongan: Penerbit NEM.

Dwi Yanti, A. F., & Friansah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Konstektual terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 139–150.

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Hambali, S. (2019). Uji Homogenitas (Kesamaan Dua Varians). Retrieved from ResearchG website: https://www.researchgate.net/publication/333078687_UJI_HOMOGENITAS_KESAMAAN_DUA_VARIANS

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas. Surabaya: Healt Books Publishing.

Jatmiko. (2015). Eksperimen Model Pembelajaran Think-Pair-Share dengan Modul (TPS-M) terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 417–426.

Kereh, C. T. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 36–46.

Kurniawati, S. D. (2013). Pengaruh Penggunaan Modul Kontekstual terhadap Minat Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen Kelas VIII MTs PUI Cikijing Kabupaten Majalengka). IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.

Matematika, P. S. N. P. (2019). Pembelajaran Matematika dalam Era Revolusi Industri 4.0. Kendari: Universitas Halu Oleo Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=v2DrDwAAQBAJ&pg=PA151&dq=kriteria+uji+validitas+taraf+5%25&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjJvr2eptjzAhWUWX0KHZauCRAQ6AF6BAgLEAM#v=onepage&q=kriteria uji validitas taraf 5%25&f=false

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA. Retrieved from http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf

Nuryana, & Aprismayanti, E. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistisk dengan SPSS. Sleman: CV BUDI UTAMA.

Raharti, S. P. (2011). Pengaruh Penggunaan Modul terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran PDTM di SMK Piri Slemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman, A., Nurmalahayati, & Nazaruddin, M. (2020). Book Series Manajemen Bencana : Pengetahuan dan Praktik Lokal untuk Pengurangan Resiko Bencana : Konsep dan Aplikasi. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Setyaputri, N. Y. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar (Teori dan Aplikasinya) (1st ed.; G. S. Hanggara, Ed.). Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244.

Silfitrah, & Mailili, W. H. (2020). Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 4 SIGI terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–60.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.

Slameto. (2003). BelajardanFaktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.

Widiyana, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assement, and Satifacation) terhadap Peningkatan Hasil Belajar KKPI Pada Siswa Kelas X SMK Negri 1 Pedan. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, [Thesis]. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/41073/

Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. T. (2019). Minat Siswa terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 83–100.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Diterbitkan

2022-06-02

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check